Penerapan Lembar Kerja berbasis Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembuatan Gummy Candy yang diperkaya Kefir dan ekstrak Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza, Roxb) sebagai Antidiare

Safitri, Diana Elda (2023) Penerapan Lembar Kerja berbasis Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembuatan Gummy Candy yang diperkaya Kefir dan ekstrak Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza, Roxb) sebagai Antidiare. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pembiasaan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis khususnya dalam melakukan praktikum sehingga mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu media sebagai sarana pendukung hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa, menganalisis kinerja ilmiah mahasiswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan mengidentifikasi karakteristik gummy candy yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas mahasiswa tahap orientasi masalah yaitu 87,5%, membuat hipotesis sebesar 100%, merancang percobaan 100%, melakukan percobaan sebesar 100%, mengumpulkan dan menganalisis data 75%, dan membuat kesimpulan sebesar 87,25%. Kemudian, nilai kinerja ilmiah yang diperoleh mahasiswa pada setiap tahapan inkuiri terbimbing sebesar 88,1 dengan kategori sangat baik. Nilai n-gain yang diperoleh mahasiswa pada masing-masing indikator yaitu: aspek analisis dan evaluasi termasuk dalam kategori sedang, nilainya masing-masing 0,34 dan 0,68. Sedangkan pada tahap argumen lebih lanjut termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai 2. Gummy candy yang diperoleh memiliki karakteristik kenyal, berwarna putih, berbau kefir, dengan kadar air terendah diperoleh sebesar 21% dan diperoleh kadar abu kurang dari 3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan setelah diberikan LKM berbasis inkuiri terbimbing pada pembuatan gummy candy yang diperkaya kefir dan ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza, roxb) sebagai antidiare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Antidiare; gummy candy; inkuiri terbimbing; berpikir kritis
Subjects: Specific Vegetative Characteristics > Herbaceous
Pharmacology and Therapeutics > Medical Chemistry
Diseases > Diseases of Digestive Sistems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Diana Elda Safitri
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:43
Last Modified: 20 Sep 2023 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78567

Actions (login required)

View Item View Item