Fachriyah, Neng Vera (2023) Hubungan budaya sekolah dan kreativitas mengajar Guru dengan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Masthuriyah Tipar Cisaat Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (938kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
Abstract
Masih relatif rendahnya motivasi berprestasi siswa merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Kondisi budaya sekolah serta kreativitas mengajar guru juga merupakan fator lain dalam permasalahan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat korelasi antara Budaya Sekolah dan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa, yang Penelitian dilaksanakan di SMA Al-Masthuriyah Tipar Cisaat Sukabumi pada tahun 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 144 orang siswa kelas X, XI dan XII yang di ambil secara proporsional random sampling. Hipotesis penelitian ini yakni; Terdapat hubungan positif antara Budaya Sekolah dan Kreativitas Mengajar Guru secara bersama-sama dengan Motivasi Berprestasi Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan demikian penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian korelasi tiga variable yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier ganda serta uji korelasi parsial dengan data yang diperoleh dari penyebaran angket pada masing-masing variabel. Adapun pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Satu: terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kepemimpinan Budaya Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Siswa yang ditunjukan oleh nilai koefisien korelasi ry1 = 0,6498 serta koefisien determinasi r2y1 sebesar 0,4222. Yang menunjukkan bahwa 42,22 % variabel Motivasi Berprestasi Siswa dapat diterangkan oleh varibel Budaya Sekolah. Dua; Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa yang ditunjukan oleh nilai koefisien korelasi ry2= 0,8196 serta koefisien determinasi r2y2 sebesar 0,6717. Hal ini menunjukkan bahwa 67,17 % variabel Motivasi Berprestasi Siswa dapat diterangkan oleh vaiabel Kreativitas Mengajar Guru. Tiga; Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Budaya Sekolah dan Kreativitas Mengajar Guru secara bersama-sama dengan Motivasi Berprestasi Siswa yang ditunjukan oleh nilai koefisien korelasi R = 0,8544 serta koefisien determinasi R2 sebesar 0,7300. Hal ini menunjukkan bahwa 73,00 % variabel Motivasi Berprestasi Siswa (Y) dapat diterangkan oleh baik variabel Budaya Sekolah (X1) dan varibel Kreativitas Mengajar Guru (X2). Berdasarkan hasil penelitian yang telah di uraikan tersebut dapat disimpulkan bahwa Motivasi Berprestasi Siswa dapat ditingkatkan melalui peran Budaya Sekolah dan Kreativitas Mengajar Guru dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Sekolah; Kreativitas Mengajar; Motivasi Siswa |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wilam Nafilah Robaeah |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:48 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78599 |
Actions (login required)
View Item |