Pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja pegawai perempuan: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kecamatan Cibiru

Hasanah, Syifa (2023) Pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja pegawai perempuan: Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kecamatan Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman menimbulkan sebuah reformasi bagi perempuan, yang memiliki peran ganda. Perempuan tidak hanya diam saja di rumah melainkan dapat memperlihatkan kualitas yang ada pada dirinya salah satunya pada dunia Sekolah. Sekolah yang berdiri dengan baik akan menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten untuk meningkatkan citra sekolah. Keberhasilan suatu sekolah dipengaruhi oleh kualitas kinerja pegawai. Sekolah tidak bisa menutup diri untuk memperkerjakan pegawai perempuan. Namun, terdapat dua permasalahan yang dihadapi perempuan dalam konflik peran ganda yaitu konflik pekerjaan dan keluarga yang mana kedua konflik tersebut dapat berpengaruh terhadap kinerja pegawai perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan konflik peran ganda di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kecamatan Cibiru, (2) mendeskripsikan kinerja pegawai perempuan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kecamatan Cibiru, (3) menganalisis pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja pegawai di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kecamatan Cibiru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex post Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah pegawai perempuan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kecamatan Cibiru sebanyak 33 orang. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan perhitungan pada: (1) konflik peran ganda di SDIT Kecamatan Cibiru memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,85 yang berada pada interval 2,60-3,39 yaitu termasuk kualifikasi “cukup”. (2) kinerja pegawai perempuan di SDIT Kecamtan Cibiru memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,38 yang berada pada interval 4,20-5,00 yaitu termasuk kualifikasi “sangat baik”. (3) Hasil keseluruhan analisis data menunjukkan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara konflik peran ganda (X) terhadap kinerja pegawai perempuan (Y) di SDIT Kecamatan Cibiru. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian parsial, bahwa thitung memperoleh hasil sebesar 4,014 sementara ttabel sebesar 2,039 untuk taraf signifikan 5%. Karena thitung > dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Hasil koefisien determinasi menunjukkan pula variabel berpengaruh positif sebesar 34,2%, yang berarti jika semakin tinggi konflik peran ganda yang dialami oleh pegawai perempuan maka semakin menurun tingkat kinerja pegawai perempuan. Sedangkan 65,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: konfik peran ganda, kinerja pegawai perempuan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konfik peran ganda; kinerja pegawai perempuan
Subjects: General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syifa Hasanah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:59
Last Modified: 20 Sep 2023 02:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78601

Actions (login required)

View Item View Item