Budiastutik, Detasari Putri (2023) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab2.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem ReproduksiKooperatif, menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa melalui kegiatan investigasi. Blended Learning memungkinkan siswa untuk mempelajari pengetahuan secara fleksibel dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol sebesar 69. Sedangkan hasil N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T menunjukkan sig. 2-tailed (0,0001) ≤ ttabel (α= 0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 82,1 dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan realitas hasil penelitian ini model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Sebagian kecil siswa mengalami kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan liveworksheet sehingga sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai, siswa diberikan tutorial penggunaan liveworksheet.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belaja; Investigasi Kelompok; Pembelajaran Campuran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Detasari Putri Budiastutik |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 06:36 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 06:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78648 |
Available Versions of this Item
-
Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe group investigation berbasis blended learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. (deposited 20 Sep 2023 06:28)
- Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi. (deposited 20 Sep 2023 06:36) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |