Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi

Budiastutik, Detasari Putri (2023) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab2.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem ReproduksiKooperatif, menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa melalui kegiatan investigasi. Blended Learning memungkinkan siswa untuk mempelajari pengetahuan secara fleksibel dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol sebesar 69. Sedangkan hasil N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T menunjukkan sig. 2-tailed (0,0001) ≤ ttabel (α= 0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 82,1 dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan realitas hasil penelitian ini model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbasis Blended Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Sebagian kecil siswa mengalami kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan liveworksheet sehingga sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai, siswa diberikan tutorial penggunaan liveworksheet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belaja; Investigasi Kelompok; Pembelajaran Campuran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Detasari Putri Budiastutik
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:36
Last Modified: 20 Sep 2023 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78648

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item