Habibah, Velina Nur (2023) Strategi Online Public Relations Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat pada instagram @baznasjabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
Abstract
Perkembangan dunia online yang semakin pesat memberikan kesempatan sekaligus tantangan bagi praktisi pu blic relations untuk memaksimalkan kehadiran online melalui penggunaan media sosial, salah satunya adalah melalui perumusan strategi pengelolaan akun Instagram. Hal tersebut sebagaimana dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat yang secara aktif mengelola akun Instagram @baznasjabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi online public relations dalam pengelolaan akun Instagram @baznasjabar melalui penggunaan konsep perencanaan media sosial The Circular Model of Some yang dicetuskan Regina Luttrell. Model ini menggunakan empat tahap yang harus dilakukan yaitu share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatori pasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hal tersebut guna mendapatkan informasi terkait strategi pengelolaan Instagram yang sesuai dengan aktivitas di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat telah menjalankan dan merumuskan strategi pengelolaan media sosial Instagram sebagaimana tahapan dan aspek pada The Circular Model of Some yang terdiri dari (1) Share (membagikan) konten melalui tiga tahap yaitu identifikasi target audiens, pemilihan media, dan membangun kepercayaan. (2) Optimize (mengoptimalkan) pesan melalui dua tahap yaitu kolaborasi dan penggunaan Baznas Reborn sebagai brand identity. (3) Manage (mengelola) informasi dengan menggunakan alat analisis media sosial. (4) Engage (melibatkan) publik dengan membangun percakapan publik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Online Public Relations; Instagram; Baznas; Jawa Barat |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Velina Nur Habibah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78680 |
Actions (login required)
View Item |