Strategi Online Public Relations Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat pada instagram @baznasjabar

Habibah, Velina Nur (2023) Strategi Online Public Relations Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat pada instagram @baznasjabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Perkembangan dunia online yang semakin pesat memberikan kesempatan sekaligus tantangan bagi praktisi pu blic relations untuk memaksimalkan kehadiran online melalui penggunaan media sosial, salah satunya adalah melalui perumusan strategi pengelolaan akun Instagram. Hal tersebut sebagaimana dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat yang secara aktif mengelola akun Instagram @baznasjabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi online public relations dalam pengelolaan akun Instagram @baznasjabar melalui penggunaan konsep perencanaan media sosial The Circular Model of Some yang dicetuskan Regina Luttrell. Model ini menggunakan empat tahap yang harus dilakukan yaitu share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatori pasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hal tersebut guna mendapatkan informasi terkait strategi pengelolaan Instagram yang sesuai dengan aktivitas di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat telah menjalankan dan merumuskan strategi pengelolaan media sosial Instagram sebagaimana tahapan dan aspek pada The Circular Model of Some yang terdiri dari (1) Share (membagikan) konten melalui tiga tahap yaitu identifikasi target audiens, pemilihan media, dan membangun kepercayaan. (2) Optimize (mengoptimalkan) pesan melalui dua tahap yaitu kolaborasi dan penggunaan Baznas Reborn sebagai brand identity. (3) Manage (mengelola) informasi dengan menggunakan alat analisis media sosial. (4) Engage (melibatkan) publik dengan membangun percakapan publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Online Public Relations; Instagram; Baznas; Jawa Barat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Velina Nur Habibah
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:00
Last Modified: 21 Sep 2023 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78680

Actions (login required)

View Item View Item