Baroroh, Niswatun (2023) Pengaruh Supervisi akademik Kepala Madrasah dan kompetensi Guru terhadap kinerja Guru : Penelitian di MTs Al-Barokah Karawang, MTs Negeri 1 Karawang, dan MTs Negeri 2 Karawang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (938kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
Abstract
Supervisi akademik berkaitan erat dengan pembelajaran berkualitas, karena proses pembelajaran yang berkualitas memerlukan guru yang memiliki kinerja yang baik, dan kinerja guru yang baik dapat dibentuk melalui supervisi akademik kepala madrasah yang efektif. Empat kompetensi yang harus dimiliki guru harus senantiasa dikembangkan guna meningkatkan kualitas kinerja guru. Kualitas hasil kinerja guru dapat terlihat dari capaian hasil belajar peserta didik. Namun, masih terjadi ketimpangan capaian hasil nilai ujian nasional terakhir peserta didik antara Madrasah Tsanawiyah Swasta dan Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Karawang termasuk di Madrasah Tsanawiyah Al-Barokah Karawang, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Karawang dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Karawang. Hal tersebut menjadi representasi dari kualitas kinerja guru madrasah tsanawiyah yang tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik kepala madrasah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan pada MTs Al-Barokah Karawang, MTsN 1 Karawang dan MTsN 2 Karawang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis statistik. Sampel berjumlah 56 responden diambil dari populasi dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dengan google form menggunakan penilaian skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi dengan bantuan IBM SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala madrasah berpengaruh kepada kinerja guru di MTs Al-Barokah Karawang, MTsN 1 Karawang dan MTsN 2 Karawang sebesar 65,2% , kompetensi guru memberikan pengaruh terhadap kinerja guru di tiga madrasah tsanawiyah terbut sebesar 61,4%. Supervisi akademik kepala madrasah dan kompetensi guru memberikan pengaruh secara simultan terhadap kinerja guru di MTs Al-Barokah Karawang, MTsN 1 Karawang dan MTsN 2 Karawang sebesar 72,4%. Maka hasil dari penelitian ini yaitu semakin tinggi supervisi akademik kepala madrasah dan kompetensi guru maka semakin tinggi kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik; Kompetensi Guru; Kinerja Guru |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Niswatun Baroroh |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 00:35 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 00:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78696 |
Actions (login required)
View Item |