Retorika dakwah Ustadz Asep Anom dalam ceramah di televisi : Studi deskriptif program acara "Damai Indonesiaku" di TV One

Pratama, Mohammad Rizki (2023) Retorika dakwah Ustadz Asep Anom dalam ceramah di televisi : Studi deskriptif program acara "Damai Indonesiaku" di TV One. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Dakwah merupakan upaya menyampaikan ajaran islam dengan cara mengajak, memanggil, dan menyeru ke dalam kebaikan. Dalam era globalisasi dan teknologi informasi, media massa seperti televisi menjadi sarana efektif untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah kepada khalayak yang lebih luas. Diantara stasiun televisi yang aktif dalam menyiarkan program acara keagamaan yaitu stasiun televisi TV One dengan nama program “Damai Indonesiaku”. Ustaz Asep Anom merupakan penceramah kondang di kota Bandung yang aktif tampil dalam program “Damai Indonesiaku” di TV One.Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui ethos ustaz Asep Anom di Program “Damai Indonesiaku” TV One; (2) untuk mengetahui pathos ustaz Asep Anom di Program “Damai Indonesiaku” TV One; (3) untuk mengetahui logos ustaz Asep Anom di Program “Damai Indonesiaku” TV One. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dilakukan dalam penelitan ini. Kemudian pengambilan data penelitian berupa kata-kata dan kalimat yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori retorika persuasif Aristoteles sebagai alat untuk menganalisis hasil penelitian secara objektif dan menyeluruh. Aristoteles mendefinisikan retorika sebagai seni atau keterampilan berbicara secara persuasif. Persuasi itu diterapkan dengan mencakup tiga aspek yaitu ethos (kepribadian atau karakter personal pembicara), pathos (ikatan emosional khalayak), dan logos (logis atau masuk akal). Penelitian ini mencakup tiga bagian penting, yaitu ethos, pathos, dan logos ustaz Asep Anom dalam ceramah di program “Damai Indonesiaku” yang sudah diupload di kanal Youtube religiOne/TV One. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, ethos ustaz Asep Anom memiliki kepribadian terhormat yang dinilai dari empat unsur, yaitu santun dan berwibawa, tegas dan berani, teliti, dan komunikatif. Kemudian ustaz Asep Anom memiliki kepercayaan masyarakat yang dapat dilihat dari tigas aspek, yaitu phronesis atau bijaksana, arete atau moderat dalam ceramah, dan eunonia atau berorientasi pada kepetingan jama’ah. Kedua, pathos ustaz Asep Anom dinilai oleh dua aspek yaitu mampu membangkitkan dan meredam emosi jamaah dan memahami karakter jamaah yang beragam. Ketiga, logos ustaz Asep Anom dinilai oleh tiga aspek yaitu ceramah dengan teknik sample, adagium atau pernyataan praktis, dan enthymeme atau argumentasi retoris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Dakwah; Ustaz Asep Anom; Televisi;
Subjects: Islam
Islam > Sermons and Preaching
Islam > Da'wah
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizki Pratama Mohammad
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:03
Last Modified: 21 Sep 2023 02:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78727

Actions (login required)

View Item View Item