Ramdhanie, Poetri Iranistie Srie (2023) Perbandingan hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rohis dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Rohis: Penelitian terhadap Siswa kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru, bahwa sekolah tersebut sangat mewadahi minat dan bakat siswa dalam ekstrakurikuler, terutama ekstrakurikuler bidang keagamaan yaitu ekstrakurikuler Rohis. Berdasarkan pengamatan, materi pada ekstrakurikuler Rohis sangat erat kaitannya dengan materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. Selain itu, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rohis memiliki jadwal yang cukup padat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti ekstrakurikuler Rohis. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rohis dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Rohis. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa hasil belajar kognitif merupakan perolehan dan penggunaan pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman, pertimbangan, pengolahan informasi, pemecahan masalah, kesengajaan, dan keyakinan. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar biasanya dibagi menjadi dua kategori yaitu faktor internal dan faktor eksternal, salah satunya faktor minat dan bakat. Minat dan bakat siswa disalurkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler bidang keagamaan di sekolah dikenal dengan ekstrakurikuler Rohani Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rohis yaitu 91 dan rata-rata hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Rohis yaitu 87. Setelah dilakukan uji t beda menunjukkan bahwa t hitung (3,84) > t tabel (1,67). Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis tersebut maka hipotesis diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rohis dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Rohis. Dengan kata lain, mengikuti ekstrakurikuler Rohis memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam siswa. Antara lain, mereka mengikutinya berdasarkan minat dan bakat yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan; Mengikuti Ekstrakurikuler Rohis; Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Rohis; Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Poetri Iranistie Srie Ramdhanie |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 06:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78735 |
Actions (login required)
View Item |