Pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap keterampilan proses Sains dan sikap ilmiah siswa pada materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMP

Nursyahdila, Fanisa (2023) Pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap keterampilan proses Sains dan sikap ilmiah siswa pada materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) yang menerapkan pembelajaran biologi dengan pengalaman bisa digunakan untuk keterampilan proses sains yang juga memiliki indikator yang selaras. Keterampilan Proses Sains terbagi menjadi KPS tingkat dasar dan KPS tingkat terintegrasi. KPS dasar terdiri dari beberapa indikator yakni, mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan. Keterampilan Proses Sains merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki untuk menerapkan sebuah kebiasaan atau habits pada siswa sehingga membentuk keterampilan untuk mampu menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain KPS, Model Pembelajaran ETH dapat digunakan untuk melihat sikap ilmiah siswa yang juga memiliki indikator serupa dengan KPS Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Adapun Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, tes, dan angket sikap ilmiah. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 7,322 > t tabel 1,673 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Keterampilan Proses Sains. Selain itu, skor sikap ilmiah menunjukkan rata-rata 82,65 termasuk dalam kategori Cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here; Keterampilan Proses Sains; Sikap Ilmiah
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fanisa Nadia Nursyahdila
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:57
Last Modified: 21 Sep 2023 04:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78757

Actions (login required)

View Item View Item