Nursyahdila, Fanisa (2023) Pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap keterampilan proses Sains dan sikap ilmiah siswa pada materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
Abstract
Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) yang menerapkan pembelajaran biologi dengan pengalaman bisa digunakan untuk keterampilan proses sains yang juga memiliki indikator yang selaras. Keterampilan Proses Sains terbagi menjadi KPS tingkat dasar dan KPS tingkat terintegrasi. KPS dasar terdiri dari beberapa indikator yakni, mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan. Keterampilan Proses Sains merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki untuk menerapkan sebuah kebiasaan atau habits pada siswa sehingga membentuk keterampilan untuk mampu menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain KPS, Model Pembelajaran ETH dapat digunakan untuk melihat sikap ilmiah siswa yang juga memiliki indikator serupa dengan KPS Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Adapun Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, tes, dan angket sikap ilmiah. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 7,322 > t tabel 1,673 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Keterampilan Proses Sains. Selain itu, skor sikap ilmiah menunjukkan rata-rata 82,65 termasuk dalam kategori Cukup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Everyone is a Teacher Here; Keterampilan Proses Sains; Sikap Ilmiah |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fanisa Nadia Nursyahdila |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:57 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 04:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78757 |
Actions (login required)
View Item |