Pengaruh penerapan metode Aku Cinta Al-Qur’an (ACQ) terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an : Penelitian kuasi eksperimen pada mata pelajaran Tahsin/Tahfidz di kelas III SD Islam Terpadu Al Fatih Kab. Bener Meriah Prov. Aceh

Inariska, Panca Selly (2023) Pengaruh penerapan metode Aku Cinta Al-Qur’an (ACQ) terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an : Penelitian kuasi eksperimen pada mata pelajaran Tahsin/Tahfidz di kelas III SD Islam Terpadu Al Fatih Kab. Bener Meriah Prov. Aceh. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Rendahnya motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an. 2) Kurangnya kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an disebabkan menggunakan metode yang konvensional. Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengajukan pendapat bahwa metode Aku Cinta Al-Qur’an (ACQ) dapat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan metode ACQ. 2) Menganalisis motivasi belajar antara siswa yang menggunakan metode ACQ dan metode ummi. 3) Menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an antara siswa yang menggunakan metode ACQ dan metode ummi. 4) Menganalisis pengaruh penerapan metode ACQ terhadap motivasi dan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran tahsin/tahfidz di kelas III SD Islam Terpadu (IT) Al Fatih. Penelitian ini berdasarkan pemikiran Sa’id (2010) bahwa metode ACQ adalah pendekatan menghafal Al-Qur’an yang melibatkan gerakan isyarat untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an. Hipotesis penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh metode ACQ terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui teknik tes lisan, observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui statistik deskriptif, uji independent samples t test, dan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode ACQ pada mata pelajaran Tahsin/Tahfidz di kelas III Umar Bin Khatab SD IT Al Fatih telah sesuai dengan pedoman pembelajaran. 2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan metode ACQ lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor motivasi belajar 82,54%, melebihi siswa kelas kontrol (Ummi) dengan rata-rata skor 72,59%. 3) Peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode ACQ lebih tinggi dibandingkan kemampuan hafalan siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan skor rata-rata 83,24% dikelas eksperimen dan 56,93% di kelas kontrol. 4) Pengaruh penerapan metode ACQ juga terlihat signifikan terhadap motivasi belajar dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Diketahui nilai Sig. (2.tailed) adalah sama-sama sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siginfikan (nyata) antara penggunaan metode ACQ dan metode konvensional untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di kelas III SD Islam Terpadu Al Fatih Kab. Bener Meriah Prov. Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode ACQ; motivasi; kemampuan manghafal Al-Qur'an; tahsin/ tahfidz.
Subjects: Christianity > Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inariska Panca Selly
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:00
Last Modified: 22 Sep 2023 01:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78803

Actions (login required)

View Item View Item