Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul falah Bekasi

Fauziah, Syifa (2023) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul falah Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (1).pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab2 (1).pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_bab3.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
9_daftarpustaka.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru yang tinggi salah satunya ditunjukkan dengan profesionalisme guru yang terdiri dari penguasaan empat kompetensi meliputi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial. Untuk kinerja memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan pengajaran agar dapat tercapai secara maksimal. Faktanya sekarang masih terlihat di beberapa tempat permasalahan guru bahwa masih terdapat guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya sehingga menguasai kompetensi profesional dirasakan masih kurang dengan mengajar tidak sesuai dengan sertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi tentang kepemimpinan Transformasional kepala madrasah, keterampilan manajerial kepala madrasah budaya organisasi, dan kinerja guru serta mengetahui pengaruh dari kepemimpinan Transformasional kepala madrasah, budaya organisasi terhadap kinerja guru di Madrasah ibtidaiyyah nurul falah. Kerangka berpikir dari penelitian ini merujuk kepada teori Tutik Rachmawati dan Daryanto, dimana dalam penilaian kinerja guru di dalamnya terdapat indikator perencanaan program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan evaluasi dan tindak lanjut hasil pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan dengan metode kuantitatif deskriptif korelatif yang pengumpulan datanya berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji validitas, normalitas data, regresi linier dan korelasi dengan menggunakan SPSS v.26.0. Hasil penelitian pada penelitian ini menggunakan Uji F Simultan yang berarti uji pengaruh variabel X secara bersama-sama terhadap variabel Y. Dasar pengambilan keputusan, jika nilai Sig > 0,05 maka Ho diterima. Namun jika nilai Sig < 0,05 maka Ho ditolak. Nilai Sig untuk Regression adalah 0,006 b nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan Terdapat hubungan antara Kepemimpinan Transformasi Kepala Madrasah dan budaya organisasi secara bersama sama dengan Kinerja Guru atau dapat dikatakan bahwa Kepemimpinan Transformasi Kepala Madrasah dan budaya organisasi secara bersama sama memberikan pengaruh terhadap Kinerja Guru. Nilai R Squere pada penelitian ini adalah 0,316 atau 31,60%. Sehingga dapat dikatakan Kepemimpinan Transformasi Kepala Madrasah dan budaya organisasi secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 31,60% sisanya 100% - 31,60% = 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru; organisasi; kepemimpinan
Subjects: Social Process > Leadership
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syifa Fauziah
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:32
Last Modified: 22 Sep 2023 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78820

Actions (login required)

View Item View Item