Pengaruh terpaan fitur berita Line Today terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung : Studi survey pada mahasiswa Ilmu Komunikasi bidang Jurnalistik dan Ilmu Komunikasi bidang Humas

Azhari, Adinda Nur Khayra Al (2023) Pengaruh terpaan fitur berita Line Today terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung : Studi survey pada mahasiswa Ilmu Komunikasi bidang Jurnalistik dan Ilmu Komunikasi bidang Humas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Line Today merupakan layanan konten yang tersedia pada aplikasi LINE dan juga bisa diakses melalui http://today.line.me. Konten yang dipublikasikan di Line Today dibuat oleh media yang menjadi mitra LINE TODAY dan dikurasi oleh tim editorial Line Today demi menjaga keseimbangan dan netralitas. Line Today bertujuan memperkaya kehidupan sehari-hari pengguna Line melalui konten yang berimbang, terkini, dan informatif. Dalam mempublikasikan informasi-informasinya, Line Today juga menyisipkan gambar maupun video. selain memebuat isi konten lebih menarik, hal ini juga meningkatkan kepercayaan terhadap para pembacanya akan suatu informasi. Selain membaca, Line Today juga menyediakan sarana untuk memberikan komentar, sehingga pembaca dapat berdiskusi maupun hanya untuk sekedar menyuarakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan fitur berita Line Today terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2018 Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Populasi diambil dari mahasiswa fakultas ilmu komunikasi angkatan 2018 yang totalnya ada 280 mahasiswa saat penelitian ini dilakukan, dan dengan sampel 74 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa fakultas ilmu komunikasi, penentuan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dalam menentukan pegambilan jumlah dari masing-masing fakultas. Hasil perhitungan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi setelah mendapat terpaan informasi berada pada kategori baik, artinya dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan dari terpaan berita Line Today kepada pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terpaan Line Today berpengaruh signifikan terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Informasi; Pemenuhan Informasi; Konten Berita
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Depositing User: Adinda Nur Khayra Al Azhari
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:09
Last Modified: 04 Oct 2023 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78949

Actions (login required)

View Item View Item