Fungsi pengawasan di Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas Akhlak Santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Annihayah Rawamerta Karawang

Alfathoni, Muhamad Fikri (2023) Fungsi pengawasan di Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas Akhlak Santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Annihayah Rawamerta Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Annihayah Rawamerta terletak di Rawamerta Karawang, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam berbasis asrama untuk membina santri agar memiliki akhlak mulia. Di pesantren Annihayah seluruh jadwal kegiatan santri sudah diatur secara rapih oleh pihak pesantren. Agar semua kegiatan sesuai dengan rencana awal yang sudah ditetapkan harus adanya pengawasan dari pimpinan. Maka, dibutuhkan fungsi pengawasan yang mampu mengatur kegiatan pengajian dengan terwujudnya pengajian santri yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi pengawasan pimpinan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas akhlak santri. Fungsi pengawasan terdiri dari tujuan pengawasan, proses pengawasan dan bentuk pengawasan yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren Annihayah dalam mengoptimalkan kualita sakhlak santri. Penelitian ini berdasarkan asumsi dari G.R. Terry dalam buku Zamani (1998:132-133) bahwa pengawasan atau controlling merupa kan suatu proses pengamatan terhadap pelaksanaan dan hasil kerja apakah sudah sesuai dengan yang telah direncanakan atau tidak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki tujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Adapun teknik yang dilakukan penulis yaitu dengan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam fungsi pengawasan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas akhlak santri terdiri dari tiga langkah: Pertama, tujuan pengawasan yang meliputi mengetahui jalannya suatu kegiatan, mengetahui kesalahan yang terjadi pada saat kegiatan, mengetahui penggunaan anggaran dana. Kedua, proses pengawasan dibentuk dalam structural kepengurusan pondok pesantren Annihayah dalam proses pengawasan kegiatan untuk meningkatkan kualitas akhlak santri. Ketiga, bentuk pengawasan yang dilakukan oleh pondok pesantren Annihayah yaitu pengawasan langsung, pengawasan tidak langsung, internal, dan eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi; Pengawasan; PondokPesantren.
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Operations, Archieves, Information Centers > Subject Analysis and Control
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Area Planning
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhamad Fikri Alfathoni
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:08
Last Modified: 27 Sep 2023 05:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78959

Actions (login required)

View Item View Item