Ula, Muhammad Ilyas Robi'ul (2023) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Qurdis di MAN 1 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Peranan pendidikan Islam dikalangan umat Islam sebagai agama mayoritas penduduk Indonesia merupakan salah satu wujud dari cita-cita kehidupan Islam, untuk melestarikan, menularkan, mendorong (menginternalisasikan) nilai-nilai Islam tersebut dan meneruskannya ke generasi berikutnya. Madrasah mulai berkembang dan berkembang pada abad ke-5 H atau abad ke-11 Masehi. Sebelum itu, ajaran agama Islam banyak berkembang diberbagai bidang ilmu dan diberbagai mazhab atau madzhab. Kiprah Madrasah dalam membangun karakter bangsa dengan mengajarkan nilai-nilai agama sebagai bagian dari pelaksanaan pendidikan abad 21 atau 5.0 untuk menunjukan kemampuan belajar, kreatifitas dan kemampuan bersaing diera global secara inovatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengenai “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Qurdis di MAN 1 Kabupaten Bandung” yaitu: pertama tujuan implementasi kurikulum merdeka belajar. Kedua Proses pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Ketiga evaluasi dari kurikulum merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumnentasi. Sedangkan teknis analisi data didapatkan dari buku, jurnal dan skripsi terdahulu yang berkaitan dengan kurikulum. Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang memiliki 4 pokok pembahasan didalamnya. Empat pokok pembahasan tersebut yaitu : tujuan, metode, materi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: tujuan dari implementasi kurikulum merdeka ini agar menyelaraskan dengan kebijakan yang dibuat oleh Kemendikbud yang berkaitan dengan kurikulum merdeka, proses dalam pengimpelemntasiannya kurikulum merdeka masih dalam tahap mencari hakikat dari kurikulum merdeka itu sendiri dengan mengikuti workshop dan semninar antar sekolah yang telah melaksanakan kurikulum merdeka terlebih dahulu, evaluasi dari kurikulum merdeka adalah peserta didik diharuskan untuk membuat karya sesuai dengan mata pelajaran yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Kurikulum Merdeka Belajar; dan MAN 1 Kabupaten Bandung |
Subjects: | Islam Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Curricula > Curriculum Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ilyas Ilyas Muhammad |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 00:43 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 00:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79034 |
Actions (login required)
View Item |