Hubungan antara hasil evaluasi Heuristik Usability Website Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) dan literasi digital guru terhadap keaktifan akun SIAGA : Penelitian pada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas di Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Garut

Rosadi, Imron (2023) Hubungan antara hasil evaluasi Heuristik Usability Website Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) dan literasi digital guru terhadap keaktifan akun SIAGA : Penelitian pada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas di Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Menurut statistik dari Seksi PAIS sebanyak 40,55% dari mereka memiliki akun SIAGA yang tidak aktif. Evaluasi dilakukan secara Heuristik terhadap kegunaan SIAGA dengan menggunakan prinsip Jakob Nielsen yang kemudian dihubungkan dengan tingkat literasi digital di kalangan guru PAI SMA dan keaktifan akun SIAGA. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana hubungan yang terjadi antara keaktifan akun SIAGA guru PAI SMA di Kabupaten Garut dengan hasil evaluasi Heuristik Usability website SIAGA dan tingkat literasi digital yang dimilikinya. Penelitian dilakukan secara kuantitatif, dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dan sederhana dari populasi seluruh guru PAI SMA di Kabupaten Garut. Instrumen pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan poin 1-5. Nilai variabel X1 sebesar 81,25% menunjukkan bahwa website SIAGA dianggap sudah baik sekali oleh para guru PAI sedangkan X2 mendapatkan nilai baik sebesar 71,24% dan nilai sangat baik untuk variabel Y yang mengukur kemampuan aktivasi akun SIAGA sebesar 83,28%. Statistik yang digunakan dalam penelitian adalah statistik inferensial non parametrik karena data penelitian bersifat ordinal. Hasilnya meskipun datanya tidak berdistribusi normal dengan nilai Asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,001 yang berarti nilai tersebut <0,05, akan tetapi kondisi data tidak terjadi multikolinearitas (VIF=1,009<10) dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi berganda dan analisis regresi linier berganda. Pada pengujian korelasi secara parsial antara X1 terhadap Y, nilai sig. (2-tailed) yang dihasilkan adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,248 yang menunjukkan terdapat hubungan antar variabel yang sangat lemah, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengujian parsial berikutnya, variabel X2 tidak berhubungan terhadap Y dengan nilai sig.(2- tailed) 0,358> 0,05 dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,059 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Namun, secara simultan X1 dan X2 berkorelasi terhadap Y dengan menggunakan analisis regresi berganda pada SPSS 26 yang menghasilkan nilai sig. F change sebagai nilai signifikansinya sebesar 0,002 dan nilai R sebagai koefisien korelasi sebesar 0,318 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan tingkat keeratan hubungan yang dinilai cukup kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Heuristik; Usability; Literasi; Digital; SIAGA
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
General Management > Information Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imron Rosadi
Date Deposited: 26 Sep 2023 00:53
Last Modified: 26 Sep 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79061

Actions (login required)

View Item View Item