Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menghadapi pasar di era Digitalisasi : Penelitian di Usaha Cimol Bojot AA di Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung

Ghifari, Alaikal (2023) Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menghadapi pasar di era Digitalisasi : Penelitian di Usaha Cimol Bojot AA di Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_asbtrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya era digitalisasi. UMKM Cimol Bojot AA menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi pasar. Pertumbuhan teknologi dan internet yang semakin luas telah mengubah pola perilaku konsumen, di mana mereka cenderung lebih memilih cara berbelanja dan memesan makanan secara online. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya dibutuhkan strategi guna mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang terjadi kepada UMKM Cimol Bojot AA karena adanya era digitalisasi. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dan mengetahui hasil yang dicapai dari strategi yang diterapkan UMKM Cimol Bojot AA. Teori yang digunakan ialah teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons. Teori ini menyatakan bahwa masyarakat terdiri dari sistem. Dimana sistem-sistem tersebut mempunyai fungsi untuk mencapai keseimbangan. Dalam hal ini kehidupan masyarakat mengalami perubahan karena adanya era digitalisasi. Sehingga untuk mencapai keseimbangan maka perlu adanya proses adaptasi terhadap perubahan zaman tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu dari pemilik, karyawan dan konsumen UMKM Cimol Bojot AA, dan sumber data sekunder yaitu beberapa sumber atau litelatur yang berhubungan dengan kajian penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan model Miles dan Huberman yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Cimol Bojot AA telah mengadopsi beberapa strategi pengembangan yang efektif di era digitalisasi. Strategi yang diterapkan antara lain melakukan penawaran produk dagangan ke konsumen dengan melakukan promosi secara digital, menjaga kualitas produk dagangan dan pelayanannya, dan membuat penjualan dengan sistem online dengan memanfaatkan e-commerce. Hasil yang dicapai dapat dilihat dari hasil wawancara kepada pemilik usaha. Dimana ada peningkatan akses pasar, efisiensi operasional pemasaran dan branding yang lebih efektif, serta inovasi produk dan layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi pengembangan; UMKM; era digitalisasi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Social Control
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ghifari Alaikal
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:32
Last Modified: 27 Sep 2023 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79084

Actions (login required)

View Item View Item