Efektivitas halat Dzuhur berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa : Penelitian terhadap siswa kelas IX di SMP IT AL-IKHLAS Salakuray Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Sobariah, Bayyinah (2023) Efektivitas halat Dzuhur berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa : Penelitian terhadap siswa kelas IX di SMP IT AL-IKHLAS Salakuray Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Kedisiplinan belajar siswa memiliki peranan penting dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Praktik keagamaan seperti shalat berjamaah yang dilaksanakan di tengah-tengah waktu sekolah dapat mengatur pola waktu siswa. Dengan adanya waktu yang terjadwal, siswa akan terbiasa merencanakan aktivitas belajar dan istirahat, sehingga dapat berdampak positif pada kedisiplinan belajar. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah dalam meningkatkan kedisplinan belajar siswa di SMP IT AL-IKHLAS Garut. Penelitian ini akan mengidentifikasi apakah kegiatan tersebut memiliki dampak positif terhadap perilaku belajar siswa. Melalui analisis data yang cermat, penelitian ini berupaya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kolerasi antara partisipasi dalam shalat dzuhur berjamaah serta kedisiplinan belajar siswa di lingkungan sekolah Teori yang mendasari penelitian ini yaitu teori self-control atau pengendalian diri, yang mengemukakan bahwa kedisiplinan belajar dapat ditingkatkan melalui praktik-praktik yang membantu mengatur prilaku dan menghindari godaan yang mengganggu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model kolerasi deskripsi, untuk melihat seberapa jauh hubungan antara shalat dzuhur berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket sebanyak 30 butir soal yang disebar kepada 27 siswa sebagai responden. Serta teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas angket, reliabilitas, uji normalitas, uji kolerasi serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah di SMP IT AL-IKHLAS Garut termasuk pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,22 dan 2) kedisiplinan belajar siswa di SMP IT AL-IKHLAS Garut termasuk pada kategori tinggi dengan skor rat-rata 3,65. Pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah memiliki hubungan yang positif dengan kedisiplinan belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji kolerasi bahwa nilai koefisien kolerasinya sebesar 0,521. Serta terdapat pengaruh antara shalat dzuhur berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang cukup signifikan yaitu sebesar 27%. Kata kunci : shalat berjamaah, Disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: shalat berjamaah; disiplin belajar;
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bayyinah Sobariah
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:39
Last Modified: 26 Sep 2023 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79090

Actions (login required)

View Item View Item