Pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung

Insan, Thaariq Khairul (2023) Pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmengertian beberapa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom yang menyebabkan penurunan nilai rata-rata atau KKM. Padahal sebelum menggunakan Google Classrom nilai siswa 80% di atas rata-rata dan 20% di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas penggunaan aplikasi Google Classroom pada siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung, 2) Hasil belajar siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung, dan 3) Pengaruh pengunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain penggunaan aplikasi Google Classroom. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah jika semakin tinggi pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom maka, akan tinggi pula hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Demikian juga sebaliknya jika semakin rendah pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom maka akan semakin rendah juga hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Ex Post Facto, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung yang berjumlah 24 orang, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pembagian angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan metode statistika yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas penggunaan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung dengan skor 3,37 terletak pada nilai interval 2,3-3,5 berkategori cukup, 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung dengan skor 16,0 terletak pada nilai interval 0-49 berkategori sangat rendah , 3). Kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang bersifat negatif dengan bukti uji hipotesis thitung (-0,16) ≤ ttabel (0,404). Hasil Uji Hipotesis tersebut, dapat diketahui bahwa H1 ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh antara Penggunaan Aplikasi Google Classroom dengan hasil belajar kognitif. 4) Pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki korelasi atau memiliki taraf korelasi negatif yang sangat rendah dengan skor -0,16 terletak pada nilai interval 0,01-0,20 dan kadar pengaruh sebesar 2 % yang berarti 98 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: thaariq khairul insan
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:44
Last Modified: 26 Sep 2023 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79133

Actions (login required)

View Item View Item