Insan, Thaariq Khairul (2023) Pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmengertian beberapa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom yang menyebabkan penurunan nilai rata-rata atau KKM. Padahal sebelum menggunakan Google Classrom nilai siswa 80% di atas rata-rata dan 20% di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas penggunaan aplikasi Google Classroom pada siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung, 2) Hasil belajar siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung, dan 3) Pengaruh pengunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain penggunaan aplikasi Google Classroom. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah jika semakin tinggi pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom maka, akan tinggi pula hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Demikian juga sebaliknya jika semakin rendah pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom maka akan semakin rendah juga hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Ex Post Facto, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung yang berjumlah 24 orang, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pembagian angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan metode statistika yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas penggunaan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung dengan skor 3,37 terletak pada nilai interval 2,3-3,5 berkategori cukup, 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung dengan skor 16,0 terletak pada nilai interval 0-49 berkategori sangat rendah , 3). Kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang bersifat negatif dengan bukti uji hipotesis thitung (-0,16) ≤ ttabel (0,404). Hasil Uji Hipotesis tersebut, dapat diketahui bahwa H1 ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh antara Penggunaan Aplikasi Google Classroom dengan hasil belajar kognitif. 4) Pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki korelasi atau memiliki taraf korelasi negatif yang sangat rendah dengan skor -0,16 terletak pada nilai interval 0,01-0,20 dan kadar pengaruh sebesar 2 % yang berarti 98 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | thaariq khairul insan |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:44 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79133 |
Actions (login required)
View Item |