Tanggapan siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) hubungannya dengan berpikir kritis pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal Saleh : Penelitian di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung

Nuryadi, Alifah Majidah (2023) Tanggapan siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) hubungannya dengan berpikir kritis pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal Saleh : Penelitian di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) mendapatkan tanggapan baik dari siswa kelas VIII, karena terlaksananya proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI 10 Kota Bandung. Siswa kelas VIII tersebut tidak dapat memahami materi, menganalisis masalah dan tidak dapat berpikir kritis dalam menanggapi permasalahan materi yang di sajikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diberikan oleh gurunya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) 2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal saleh 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap pengunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan kemampuan berpikir kritis mereka terhadap materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal saleh. Menurut Glazer (2001), pembelajaran berbasis masalah (PBM) memberikan fokus pada pembelajaran sebagai proses yang melibatkan pemecahan masalah dan berpikir kritis dalam konteks dunia nyata. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, guru dapat memberikan pengalaman belajar dengan merancang proses pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah tanggapan siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah (PBM) hubungannya dengan berpikir kritis siswa pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal soleh pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber Penelitian adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung dengan populasi 196 siswa dan diambil sampel 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah (PBM) termasuk dalam kualifikasi positif. Berdasarkan nilai rata-rata sebesar 3,85 yang berada pada rentang 3,40 – 4,19 2) Berpikir kritis mereka pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal saleh termasuk dalam kualifikasi tinggi. Berdasarkan nilai rata-rata sebesar sebesar 3,89 yang berada pada rentang 3,40 – 4,19 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan berpikir kritis mereka pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal saleh di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung mencapai 13% dan sisanya 87% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun koefisien korelasi yang didapatkan 0,36 berada pada interval 0,21 – 0,40 korelasi rendah. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel atau 2,379 > -1,686 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM); Berpikir Kritis
Subjects: Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alifah Majidah Nuryadi
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:19
Last Modified: 27 Sep 2023 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79265

Actions (login required)

View Item View Item