Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi Tajwid : Penelitian pada kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Samrati, Al’ya Sarah (2023) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi Tajwid : Penelitian pada kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
Cover Al'ya Sarah Samrati.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_abstrak)
ABSTRAK Al'ya Sarah Samrati.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftar isi)
Daftar isi lea.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab 1)
BAB I Al'ya Sarah Samrati.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (5_bab 2)
BAB II Al'ya Sarah Samrati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (6_bab 3)
BAB III Al'ya Sarah Samrati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab 4)
BAB IV Al'ya Sarah Samrati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (8_bab 5)
BAB V Al'ya Sarah Samrati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (9_daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Al'ya Sarah Samrati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang menjadi pendukung pada sebuah pembelajaran, dimana perannya sangat penting untuk mempermudah proses pemahaman siswa. Keadaan pendidikan di Indonesia yang mengalami proses selama pandemic Covid-19 membuat guru harus mencari cara lain untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Saat ini perkembangan media teknologi sudah mulai tumbuh pesat seperti yang diketahui dari data hasil survey UNICEF Indonesia bahwa 30 juta anak Indonesia memilih media digital sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Keadaan ini menuntut guru untuk menguasai TPACK (technological, pedagogical, acontent, knowledge) supaya tetap dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Atas hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain awal media pembelajaran Augmented Reality di kelas tahfidz SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan desain awal media pembelajaran Augmented Reality melalui proses validator ahli media dan ahli materi. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa Penggunaan media Augmented Reality pada materi tajwid akan dapat membantu siswa yang ada di kelas tahfidz untuk bisa mempelajari ilmu tajwid dengan harapan bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development yang mana akhir penelitian pengembangan ini akan menghasilkan suatu prodek yang sudah tervalidasi dan teruji kelayakannya. Hasil dari penelitian ini adalah (1) desain awal media pembelajaran Augmented Reality memerlukan beberapa software dan website khusus seperti Blender, Vuforia, Unity, dan Canva. (2) hasil validasi ahli materi mencapai 4,5 dengan kategori sangat baik dan validasi ahli media mencapai 4,57 dengan kategori sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa mendapat hasil 95% dengan kategori layak dan hasil uji coba kelompok besar oleh 30 siswa mendapat hasil 84,67% dengan kategori layak. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran Augmented Reality materi tajwid di SMA Muhammadiyah 4 Bandung dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Augmented Reality; Materi Tajwid
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Al'ya Sarah Samrati
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:52
Last Modified: 29 Sep 2023 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79298

Actions (login required)

View Item View Item