Penerapan model pembelajaran Course Review Horey untuk meningkatkan kerja sama siswa pada mata pelajaran Matematika kelas II Di MI

Irawanti, Salma (2023) Penerapan model pembelajaran Course Review Horey untuk meningkatkan kerja sama siswa pada mata pelajaran Matematika kelas II Di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Mengingat begitu pentingnya pendidikan, maka kualitas pendidikan harus diperhatikan secara serius salah satunya model pembelajaran, jika kualitas pendidikan dapat meningkat, maka pendidikan dapat menghasilkan SDM yang berkualitas. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa siswa yang tidak mempunyai sikap sosial salah satunya kemampuan kerja sama yang masih sedikit terjalin antar siswa di sekolah. Bekerja sama akan membuat seseorang mampu melakukan banyak hal daripada bekerja sendirian dan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui kerja sama siswa sebelum penerapan model pembelajaran course review horey pada mata pelajaran matematika. Selain itu, untuk mengetahui penerapan model pembelajaran course review horey pada mata pelajaran matematika pada setiap siklus. Serta untuk mengetahui kerja sama siswa setelah menggunakan model pembelajaran course review horey pada mata pelajaran matematika pada setiap siklus. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitaitf sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan kerja sama siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Miftahul Huda yang berjumlah 15 siswa. Berdasarkan penelitian kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan course review horey memperoleh rata-rata 54,13 dengan kategori kurang sedangkan dengan diterapkannya model pembelajaran course review horey dapat dilihat dari aktivitas guru pada Siklus II tindakan II memperoleh 93,33% dengan kategori “Sangat Baik”. Untuk aktivitas siswa pada siklus II tindakan II yaitu memperoleh 92,5% dengan kategori “Sangat Baik”.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap kerja sama siswa dengan menggunakan model pembelajaran course review horey dari siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan adanya peningkatan.Pada siklus I tindakan I kerja sama siswa memperoleh rata-rata 70,4 dengan kategori “Cukup”. Sedangkan pada siklus I tindakan II kerja sama siswa memperoleh rata-rata 79,71 dengan kategori “Baik”. Dan pada siklus II tindakan I kerja sama siswa memperoleh rata-rata 86,93 dengan kategori “Baik”. Sedangkan pada siklus II tindakan I kerja sama siswa memperoleh rata-rata 92,53 dengan kategori “Sangat Baik”. Maka, penerapan model pembelajaran course review horey dapat meningkatkan kerja sama siswa kelas II di MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Course Review Horey; Kerja Sama Siswa; Mata Pelajaran Matematika;
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irawanti Salma
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:29
Last Modified: 29 Sep 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79364

Actions (login required)

View Item View Item