Analisis moderasi beragama dalam materi sejarah kebudayaan Islam pada buku teks PAI SMA

Nizar, Muhamad (2023) Analisis moderasi beragama dalam materi sejarah kebudayaan Islam pada buku teks PAI SMA. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semaraknya pemerintah dalam menggaungkan tentang moderasi beragama, tidak terlepas dalam buku teks PAI sebagai bahan dan sumber pokok dalam pembelajaran baik di sekolah ataupun madrasah. Oleh karena itu konstruksi moderasi beragama pada buku teks PAI SMA disajikan secara layak agar pembelajaran dapat lebih menyeluruh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam teks pada materi Sejarah Kebudayaan Islam dalam buku teks PAI di SMA, pola penyajian Materi Sejarah Kebudayaan Islam bermuatan moderasi beragama dalam buku teks PAI SMA, dan analisis konstruksi moderasi beragama dalam materi Sejarah Kebudayaan Islam di buku teks PAI SMA. Kerangka berpikir dalam penelitian ini buku teks dalam mata pelajaran PAIBP idealnya dapat mendemokratisasi ide dan konsep moderasi beragama, bukan hanya sekedar demokratisasi pengetahuan dan informasi. Ide dan konsep tentang moderasi beragama yang memiliki beberapa poin penting seperti toleransi, keadilan, keseimbangan dan tidak ada keberpihakan perlu ada dalam buku teks PAI cetakan Kemenag terbitan 2019. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik karena menggunakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah library research atau penelitian kepustakaan yang berinteraksi dengan dokumen atau teks. Kaitannya dengan tema sejarah, peneliti menggunakan pisau analisis isi kualitatif untuk membahas analisis moderasi dalam materi Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini nilai-nilai moderasi berama sebagai berikut, yakni persamaan hak, keadilan, anti terhadap kekerasan, egaliter (kesetaraan gender), menerima kebaruan dan keterbukaan serta mengakomodasi budaya lokal. Penyajian Buku teks PAI SMA terbitan Kemenag RI berdasarkan kurikulum 2013 bermuatan. Proporsi teks dan ilustrasi terkait materi sejarah kebudayaan Islam pada setiap tingkatan dan sub bab nya berbeda satu sama lain. Dengan menerapkan implikasi moderasi beragama dalam penyajian materi Sejarah Kebudayaan Islam, buku teks PAI dapat memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang Islam yang toleran, inklusif, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moderasi beragama; Buku teks PAI; Pendidikan Agama Islam; Sejarah Kebudayaan Islam;
Subjects: Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Nizar
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:53
Last Modified: 23 Oct 2023 03:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79458

Actions (login required)

View Item View Item