Aktualisasi Cyber-religion di Media Sosial : Studi Netnografi Ustadzah Halimah Alaydrus dan Ustadz Hanan Attaki di Instagram

Anugerah, Shilah Suci (2023) Aktualisasi Cyber-religion di Media Sosial : Studi Netnografi Ustadzah Halimah Alaydrus dan Ustadz Hanan Attaki di Instagram. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Praktek agama saat ini mengalami transformasi terutama di media digital. Praktek beragama menjadi sangat lentur dan bisa disesuaikan dengan karakter setiap media. Fenomena ini semakin mempertegas perubahan pola komunikasi dari yang berhadapan langsung menuju new media. Sehingga ketika sebuah ruang teknologi dapat dilihat sebagai jembatan yang menghubungkan segala aspek kehidupan termasuk bidang keagamaan, maka terjadilah cyber- religion. Cyber religion mencerminkan perubahan dalam cara manusia beragama dan mencari makna, di mana penggunaan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap tradisi dan praktik keagamaan dalam berbagai macam media khususnya media sosial Instagram. Hal tersebut telah menggambarkan tentang beralihnya fungsi da’i yang ditemui diberbagai majlis kini tergantikan dengan sosok virtual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengidentifikasi, mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai kecenderungan informasi keagamaan yang disajikan para da’i di Instagram, ekspresi para da’i dalam melakukan aktivitas agama di instagram dan interaksi keberagamaan yang dilakukan para da’i di Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode studi netnografi dengan pendekatan kualitatif. Metode tersebut digunakan oleh penulis untuk menguraikan secara lengkap dan faktual mengenai fenomena atau kenyataan sosial dengan cara mendeskripsikan yang berkenaan dengan apa yang terkandung dalam objek penelitian ini, yaitu aktualisasi cyber – religion di media sosial khususnya pada media Instagram.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi parsitipatif dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa kecenderungan informasi yang disampaikan para da’i di Instagram meliputi aspek fikih, self – improvement, tauhid aplikatif, komodifikasi agama dan juga aktivitas yang dilakukan. Sementara ekspresi para da’i dalam melakukan aktivitas keagamaan di Instagram yakni meliputi teks dokumentasi, video – audio, dan siaran langsung. Kemudian interaksi para da’i di Instagram menguatkan budaya partisipasi yang berkembang di kalangan para influencer khususnya influencer dakwah melalui afiliasi, ekspresi, kolaborasi, dan sirkulasi. Dengan berbagai macam interaksi yang digolongkan kepada empat aspek tersebut, ikatan sosial terbentuk dalam komunitas online melalui creating dan sharing pengguna Instagram berpartisipasi aktif dengan yang diikutinya untuk membentuk jaringan dimana nantinya tersebar membentuk kelompok yang lebih besar lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cyber - religion; Media Sosial; Instagram;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shilah Suci Anugerah
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:09
Last Modified: 03 Oct 2023 02:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79463

Actions (login required)

View Item View Item