Rahayu, Yasinta (2019) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran bahan ajar matematika yang digunakan di SMPN 3 Jatinangor, mengembangakan bahan ajar matematika berbasis kontekstual yang terstandarisasi untuk topik persamaan linear satu variabel di kelas VII SMPN 3 jatinangor , meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan mengetahui sikap siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis kontekstual. Standarisasi bahan ajar diantaranya validasi ahli harus memenuhi kriteria valid atau sangat valid, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan sikap siswa terhadap bahan ajar positif. Pengembangan bahan ajar matematika dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap , yaitu: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar matematika yang digunakan disekolah perlu dikembangkan, bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli diperoleh persentase rata-rata 84,4% memenuhi kualifikasi valid, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah terjadi peningkatan dengan nilai n-gain 0,63 berkriteria sedang dan sikap positif siswa mencapai 81% dikatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan telah memenuhi standar sebagai bahan ajar yang layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar matematika berbasis kontekstual; kemampuan pemecahan masalah matematika; sikap siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Secondary Education > Lower Level Secondary School Curricula Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yasinta Yasinta Rahayu |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 03:36 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 03:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79520 |
Actions (login required)
View Item |