Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa

Rahayu, Yasinta (2019) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran bahan ajar matematika yang digunakan di SMPN 3 Jatinangor, mengembangakan bahan ajar matematika berbasis kontekstual yang terstandarisasi untuk topik persamaan linear satu variabel di kelas VII SMPN 3 jatinangor , meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan mengetahui sikap siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis kontekstual. Standarisasi bahan ajar diantaranya validasi ahli harus memenuhi kriteria valid atau sangat valid, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan sikap siswa terhadap bahan ajar positif. Pengembangan bahan ajar matematika dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap , yaitu: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar matematika yang digunakan disekolah perlu dikembangkan, bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli diperoleh persentase rata-rata 84,4% memenuhi kualifikasi valid, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah terjadi peningkatan dengan nilai n-gain 0,63 berkriteria sedang dan sikap positif siswa mencapai 81% dikatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan telah memenuhi standar sebagai bahan ajar yang layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar matematika berbasis kontekstual; kemampuan pemecahan masalah matematika; sikap siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Curricula
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yasinta Yasinta Rahayu
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:36
Last Modified: 04 Oct 2023 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79520

Actions (login required)

View Item View Item