Minat belajar siswa dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian Korelasional terhadap Siswa kelas IX SMP PGRI 10 Kota Bandung

Mualim, Akbar (2023) Minat belajar siswa dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian Korelasional terhadap Siswa kelas IX SMP PGRI 10 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Akbar Mualim: 1192020016,2023. Minat belajar siswa dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP PGRI 10 Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa di SMP PGRI 10 Kota Bandung kelas IX yang dimana mereka semua mengikuti pelajaran PAI, namun hampir mayoritas siswa memiliki nilai di bawah rata-rata KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 70. Oleh karena itu, peneliti tertarik unutk menilit fenomena tersebut. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan pernyataan bahwa minat belajar berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang seharusnya, akan tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan fenomena pada subjek penelitian.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas IX di SMP PGRI 10 Kota Bandung, 2) Mengetahui tingkat prestasi kognitif siswa kelas IX di SMP PGRI 10 Kota Bandung, 3) Mengetahui hubungan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi kognitif siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI 10 Kota Bandung.Penelitian ini berdasarkan pemikiran adanya hubungan antara minat belajar siswa terhadap prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP PGRI 10 Kota Bandung. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah keduanya diduga ada ketergantungan antara satu sama lain yaitu “semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi kognitif mereka” maupun sebaliknya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi linear, uji korelasi dan uji hipotesis.Hasil minat belajar siswa perindikator mendapatkan nilai sebesar 2,69 terletak pada kelas interval 2,6-3,5 yang berkategori cukup serta memiliki rata-rata 54,3, median 54,5, modus 55,33 dengan standar deviasi sebesar 7,29. Dan hasil prestasi kognitif siswa pada penelitian ini memiliki nilai maksimal 95, nilai minimal 40 dengan rata-rata 68,8, median 68,8, modus 68,1 serta setandar deviasi sebesar 13,6. Berdasarkan data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa hubungan minat belajar siswa terhadap prestasi kognitif siswa kelas IX di SMP PGRI 10 Kota Bandung berkorelasi negative, adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung < t-tabel yakni -2,099 < 1,670. Hal ini menandakan bahwa minat belajar siswa tidak memberikan hubungan yang signifikan terhadap prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP PGRI 10 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Prestasi kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akbar Mualim
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:04
Last Modified: 04 Oct 2023 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79531

Actions (login required)

View Item View Item