penerapan strategi PORPE (Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI MI Ar-Rochmah : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VI MI Ar-Rochmah

Fadilah, Wafa Alfi (2023) penerapan strategi PORPE (Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI MI Ar-Rochmah : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VI MI Ar-Rochmah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

emahaman merupakan suatu kemampuan yang perlu dioptimalkan dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan dan informasi yang terus berkembang. Berdasarkan studi pendahuluan di MI Ar-Rochmah ditemukan hasil bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sangat rendah. Kurangnya pemahaman siswa pada bacaan yang diberikan guru menyebabkan sebagian besar siswa tidak mampu mengisi soal berupa essai dan menulis kembali isi dari teks yang telah dibaca. Maka dari itu, diperlukan upaya dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate (PORPE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI dengan menggunakan strategi pembelajaran Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate (PORPE) dan strategi pembelajaran DLTA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI A dan kelas VI B MI Ar-Rochmah Lembang tahun ajaran 2023/2024. Stategi pembelajaran Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate (PORPE) merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan agar proses kognitif dan metakognitif siswa berjalan optimal yang mana pada pelaksanaannya siswa terlibat secara aktif untuk membaca. Penelitian ini memiliki hipotesis yaitu terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang menerima pembelajaran dengan strategi Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate (PORPE) dan siswa yang menerima pembelajaran dengan strategi DLTA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuasi Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal uraian pretest-posttest, serta lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas eksperimen sebelum diberikan treatment memperoleh nilai rata-rata pretest 62,00 dan di kelas kontrol sebesar 62,30. Adapun kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas eksperimen setelah diberikan treatment memperoleh nilai rata-rata posttest 86,45 dan kelas kontrol sebesar 76,80. Setelah melakukan analisis uji hipotesis t-test didapat bahwa nilai sig. (2-tailed) senilai 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa yang menerima pembelajaran dengan strategi Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate (PORPE) dan siswa yang menerima pembelajaran dengan strategi DLTA. Berdasarkan hasil tersebut dapat dipahami bahwa strategi Predict, Organize, Rehears, Practice, Evaluate (PORPE) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI MI Ar-Rochmah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Kemampuan Membaca Pemahaman; Strategi PORPE;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wafa Alfi Fadilah
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:40
Last Modified: 06 Oct 2023 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79602

Actions (login required)

View Item View Item