Penggunaan metode Tarkibiyah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa : Penelitian quasi eksperimen pada siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon

Gunawan, Wawan (2023) Penggunaan metode Tarkibiyah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa : Penelitian quasi eksperimen pada siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan belajar bahasa Arab siswa. Siswa tidak mampu membaca bahasa Arab dengan baik dan masih didapati kesalahan dalam membaca kalimat dan menulis huruf-huruf Arab. Hal ini menunjukkan siswa belum menguasai keterampilan membaca dan menulis. Maka guru harus inovatif dan kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran, salah satu alternatifnya adalah menggunakan metode pembelajaran Tarkibiyah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan munulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon sebelum dan sesudah pembelajaran, dan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan metode Tarkibiyah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest kelompok. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon yang berjmlah 182 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 52 siswa, yakni 27 siswa kelas 7B sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas 7A sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan uji-T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan membaca siswa sebelum pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan hasil rata-rata 42,96 yakni termasuk dalam kategori “cukup”. Dan pada kelas kontrol 42,8 yakni masuk dalam kategori “cukup” juga. (2) Keterampilan menulis siswa sebelum pembelajaran pada kelas eksperimen termasuk kategori “kurang” dengan nilai rata-rata 37,78, dan pada kelas kontrol termasuk pada kategori “kurang” juga dengan nilai rata-rata 38,8. (3) Keterampilan membaca siswa sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen menujukkan hasil rata-rata 74,63 masuk kategori “baik”, dan pada kelas kontrol 64,2 masuk kategori “baik” juga. (4) Keterampilan menulis siswa sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen masuk kategori “baik” dengan nilai rata-rata 74,44, dan pada kelas kontrol masuk pada kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 59,8. (5) Hasil nilai N-Gain (%) pada keterampilan membaca siswa kelas eksperimen mendapatkan 57,0684 yakni terletak pada penjelasan efektivitas 56-75 yang berarti pembelajaran menggunakan metode Tarkibiyah “cukup efektif” dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon. (6) Hasil N-Gain pada keterampilan menulis mendapatakna nilai 59,8935 yang terletak juga pada penjelasan efektivitas 56-75 yang berarti pembelajaran menggunakan metode Tarkibiyah “cukup efektif” dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tarkbiyah; Keterampilan Membaca; Keterampilan Menulis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wawan Gunawan
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:11
Last Modified: 05 Oct 2023 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79634

Actions (login required)

View Item View Item