Alim, Irfan Triyana Nur (2023) Studi analisis kontrastif perbandingan sintaksis antara bahasa arab dengan bahasa indonesia dan implementasinya pada pembelajaran gramatikal bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Furqon Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II (2).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika siswa dalam pembelajaran gramatikal Bahasa Arab. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami kalimat dalam bahasa Arab sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kalimat dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, Mengetahui persamaan dan perbedaan antara kalimat dalam bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, serta Implementasi dalam pembelajaran gramatikal di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Furqon Tasikmalaya. Metode Penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Studi Pustaka dalam Menyusun sumber data dan di lakukan analisis kontrastif . Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kalimat dalam bahasa arab terdapat dua jenis kalimat Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kalimat dalam bahasa Arab terbagi menjadi dua bentuk yaitu Jumlah Isimiyyah dalam istilah bahasa Indonesia yaitu klausa Nominal dan Jumlah Fi’liyah atau dalam istilah bahasa Indonesia yaitu Klausa Verbal. Adapaun persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan Bahasa Indonesia yaitu dari aspek, susunan kalimat nominal, jenis mudzakar dan muannats, bilangan, posisi dari subjek dan predikat, serta penggolongan jenis mudzakar dan muannats. Dalam impelemnatsi analisis kontrastif ini pada pembelajaran bahasa arab untuk materi nahwu diperlukan metode induktif yaitu pembelajaran dengan metode contoh dan keterkaitan, dengan melakukan tahapan analisis kontrastif dengan langkah deskriptif, selektif, dan serta guru diharap dapat Menyusun setiap tahapan-tahapan dari mulai Menyusun kegiatan pendahuluan, materi pelajaraan, media pembelajaran, metode, dan tes evaluasi yang tepat untuk mengukur pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Analisis Kontrastif, Sintaksis Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Pembelajaran Gramatikal |
Subjects: | Bahasa Arab Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Irfan Triyana |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:00 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79643 |
Actions (login required)
View Item |