Analisis keterlaksanaan proses pembelajaran biologi: sebuah Analisis video pembelajaran

Wiguna, Satria Aldi (2023) Analisis keterlaksanaan proses pembelajaran biologi: sebuah Analisis video pembelajaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Pembelajaran yang terbaik merupakan pembelajaran yang berlandaskan kebutuhan dari peserta didik itu sendiri, untuk itu pemerintah mengusung Kurikulum Merdeka dengan maksud agar proses pembelajaran berpihak kepada peserta didik. Namun, belum semua proses pembelajaran di Indonesia menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum merdeka, serta untuk menganalisis metode, model, dan teori belajar yang mendukung proses pembelajaran pada salah satu video pembelajaran biologi di youtube. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu memilih video yang akan dianalisis, membuat transkripsi video dan membuat isntrumen lembar observasi kesesuaian penerapan kurikulum merdeka dengan proses pembelajaran. Setelah melakukan transkripsi video dan analsisis lembar observasi yang diisi oleh 3 orang guru biologi, maka didapatkan hasil bahwa 13 dari 20 sub elPembelajaran yang terbaik merupakan pembelajaran yang berlandaskan kebutuhan dari peserta didik itu sendiri, untuk itu pemerintah mengusung Kurikulum Merdeka dengan maksud agar proses pembelajaran berpihak kepada peserta didik. Namun, belum semua proses pembelajaran di Indonesia menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum merdeka, serta untuk menganalisis metode, model, dan teori belajar yang mendukung proses pembelajaran pada salah satu video pembelajaran biologi di youtube. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu memilih video yang akan dianalisis, membuat transkripsi video dan membuat isntrumen lembar observasi kesesuaian penerapan kurikulum merdeka dengan proses pembelajaran. Setelah melakukan transkripsi video dan analsisis lembar observasi yang diisi oleh 3 orang guru biologi, maka didapatkan hasil bahwa 13 dari 20 sub elemen mendapatkan skor 100%, 4 subelemen yang memperoleh skor 67%, dan 3 sub elemen yang mendapat skor 0%. Teori belajar yang mendukung proses pembelajaran pada video yaitu teori konstruktivisme dan teori perkembangan kognitif. Dapat disimpulkan bahwa video yang dianalisis sudah menerapkan kurikulum merdeka, namun penulis menyarankan untuk perbaikan pada langkah pembelajaran yaitu melakukan asesmen diagnostik, pendekatan berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik, dan memperbanyak refleksi pembelajaran.emen mendapatkan skor 100%, 4 subelemen yang memperoleh skor 67%, dan 3 sub elemen yang mendapat skor 0%. Teori belajar yang mendukung proses pembelajaran pada video yaitu teori konstruktivisme dan teori perkembangan kognitif. Dapat disimpulkan bahwa video yang dianalisis sudah menerapkan kurikulum merdeka, namun penulis menyarankan untuk perbaikan pada langkah pembelajaran yaitu melakukan asesmen diagnostik, pendekatan berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik, dan memperbanyak refleksi pembelajaran. ENGLISH : The best learning is learning that is based on the needs of the students themselves, for this reason the government carries out the Independent Curriculum with the aim of making the learning process pro-student. However, not all learning processes in Indonesia apply the independent curriculum. This research was conducted to analyze whether the learning process is in accordance with the independent curriculum, as well as to analyze the learning methods, models and theories that support the learning process in one of the biology learning videos on YouTube. The stages carried out in this research are selecting the video to be analyzed, making a video transcription and making an observation sheet instrument in accordance with the implementation of the independent curriculum with the learning process. After transcribing the video and analyzing the observation sheets filled in by 3 biology teachers, the results obtained were that 13 of the 20 sub-elements got a score of 100%, 4 sub-elements got a score of 67%, and 3 sub-elements got a score of 0%. Learning theories that support the learning process on videos are constructivism theory and cognitive development theory. It can be concluded that the videos analyzed have implemented the independent curriculum, but the author suggests improvements to the learning steps, namely carrying out diagnostic assessments, approaches based on students' ability levels, and increasing learning reflection.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis keterlaksanaan; Kurikulum merdeka'; Metode pembelajaran; Model pembelajaran; Profil Pelajar Pancasila; Teori belajar;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: satria aldi wiguna
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:48
Last Modified: 12 Oct 2023 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79651

Actions (login required)

View Item View Item