Hubungan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang

Burhanudin, Muhamad (2023) Hubungan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf[1].pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar_Isi.pdf[1].pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab_1.pdf[1].pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
5_Bab_2.pdf[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
6_Bab_3.pdf[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
7_Bab_4.pdf[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
8_Bab_5.pdf[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
9_Daptar_Pustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan Teknik wawancara, dari 18 peserta didik, hanya terdapat 22% peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri kategori tinggi, sisanya sebanyak 78% berada di kategori sedang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa di kelas V SD Qurrta-Ayun Cilengkrang. 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Qurrat-Ayun Cilengkrang 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang. 4) Mengetahui sebrapa besar pengaruh tingkat kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas V di SD Qurrata-Ayun yang terdiri dari 18 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik angket, tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kepercayaan diri peserta didik di SD Qurrata-Ayun cilengkrang menunjukan hasil sebesar 78% dengan kategori sedang 2) hasil belajar peserta didik di SD Qurrata-Ayun menunjukkan hasil sebesar 61% berada pada kategori sedang 3) hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar pada kelas V dalam kategori sangat kuat. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus rank spearman bahwa rhitung sebesar 0,874 dengan signifikan 0,000. Hasil penelitian menemukan hubungan positif signifikan antara kepercayaan diriterhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori kuat. Dengan demikian, dimana kenaikan variabel kepercayaan diri akan mendorong terjadinya penaikan pada variabel hasil belajar, sebaliknya penurunan pada variabel kepercayaan diri akan mendorong terjadinya penurunan variabel hasil belajar. Adapun hubungan kepercayaan diriterhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Qurrata-Ayun Cilengkrang sebesar 79,6%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri; Hasil belajar; Matematika.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: muhamad Burhanudin
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:55
Last Modified: 13 Oct 2023 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79965

Actions (login required)

View Item View Item