Burhanudin, Muhamad (2023) Hubungan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf[1].pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar_Isi.pdf[1].pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab_1.pdf[1].pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
5_Bab_2.pdf[1].pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
6_Bab_3.pdf[1].pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text
7_Bab_4.pdf[1].pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
||
Text
8_Bab_5.pdf[1].pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text
9_Daptar_Pustaka[1].pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
Abstract
2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan Teknik wawancara, dari 18 peserta didik, hanya terdapat 22% peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri kategori tinggi, sisanya sebanyak 78% berada di kategori sedang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa di kelas V SD Qurrta-Ayun Cilengkrang. 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Qurrat-Ayun Cilengkrang 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang. 4) Mengetahui sebrapa besar pengaruh tingkat kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Qurrata-Ayun Cilengkrang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas V di SD Qurrata-Ayun yang terdiri dari 18 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik angket, tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kepercayaan diri peserta didik di SD Qurrata-Ayun cilengkrang menunjukan hasil sebesar 78% dengan kategori sedang 2) hasil belajar peserta didik di SD Qurrata-Ayun menunjukkan hasil sebesar 61% berada pada kategori sedang 3) hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar pada kelas V dalam kategori sangat kuat. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus rank spearman bahwa rhitung sebesar 0,874 dengan signifikan 0,000. Hasil penelitian menemukan hubungan positif signifikan antara kepercayaan diriterhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori kuat. Dengan demikian, dimana kenaikan variabel kepercayaan diri akan mendorong terjadinya penaikan pada variabel hasil belajar, sebaliknya penurunan pada variabel kepercayaan diri akan mendorong terjadinya penurunan variabel hasil belajar. Adapun hubungan kepercayaan diriterhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Qurrata-Ayun Cilengkrang sebesar 79,6%
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan diri; Hasil belajar; Matematika. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | muhamad Burhanudin |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:55 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79965 |
Actions (login required)
View Item |