Penerapan model pembelajaran TANDUR untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA kelas v MI Miftahul Falah

Fadilah, Tsania (2023) Penerapan model pembelajaran TANDUR untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA kelas v MI Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftar isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA. Alternatif pembelajaran terhadap menurunnya pemahaman siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan (TANDUR). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran TANDUR apakah lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah perbedaan model pembelajaran yang diterapkan, yaitu model pembelajaran TANDUR dan model pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan pemahaman siswa sesuai dengan indikator yang ditentukan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Falah tahun ajaran 2023-2024. Sedangkan sampel yang ditentukan pada penelitian ini adalah siswa kelas VI-A dan VI-B MI Miftahul Falah. Hipotesis yang didapatkan pada penelitian ini adalah pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model TANDUR lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model ekspositori. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan design Non-Equivalent Prestest Posttest. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelas yang diterapkan model pembelajaran TANDUR lebih baik dari kelas yang diterapkan model pembelajaran ekspositori karena adanya peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen. Sehingga pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA yang diterapkan model pembelajaran TANDUR lebih baik dari pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA yang diterapkan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model TANDUR; Pembelajaran IPA;
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tsania TF Fadilah
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:16
Last Modified: 11 Oct 2023 08:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80049

Actions (login required)

View Item View Item