Nurjanah, Siti (2023) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantu pendekatan SWH (Science Writing Heuristic) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi besaran dan pengukuran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantu pendekatan SWH (Science Writing Heuristic) dan peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain pre-experimental design jenis one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantu pendekatan SWH (Science Writing Heuritic) berbasis AABTLT with SAS, dan tes kemampuan argumentasi ilmiah berupa soal uraian sebanyak 14 butir soal dengan indikator soal berdasarkan aspek klaim, data, pembenaran dan dukungan. Teknik analisis data melalui lembar observasi berbasis AABTLT with SAS, N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menggunkan Excel. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 78,0% dengan interpretasi efektif. Peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah berdasarkan nilai pretest, posttest, dan N-Gain secara keseluruhan diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,302 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai t adalah sebesar 9,715≥ 2,323. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima dalam hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada pokok bahasan besaran dan pengukuran di kelas X-3 SMAN 1 Baleendah setelah menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantu pendekatan SWH (Science Writing Heuristic).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR); Kemampuan Argumentasi Ilmiah; Besaran dan Pengukuran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Nurjanah |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 07:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80058 |
Actions (login required)
View Item |