Penerapan metode pembelajaran Estafet Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits materi indahnya ikhlas dalam beribadah : Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk kelas XI di MA Negeri 1 Sukabumi

Anshori, Fathur Rohman (2023) Penerapan metode pembelajaran Estafet Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits materi indahnya ikhlas dalam beribadah : Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk kelas XI di MA Negeri 1 Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits terutama pada aspek kognitif, siswa kurang cepat memahami materi yang disampaikan karena kurangnya motivasi belajar pada setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi indahnya ikhlas dalam beribadah pada siklus 1 dan siklus 2, dengan menggunakan metode Estafet Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2023, bertempat di kelas XI.2 MAN 1 Sukabumi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa wawancara, lembar tes siswa dan lembar observasi. Kerangka berpikir pada penelitian ini lebih menitikberatkan pada karya ilmiah dari Herwanto yang membahas penerapan strategi belajar yang aktif. Berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar terhadap peserta didik, menjadi solusi bagi permasalahan kualitias peserta didik yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Estafet Learning tejadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 20 siswa atau 62,50%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 27 siswa atau 84,40%. Disimpulkan bahwa metode Estafet Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Al-Qur’an Hadits; Metode Estafet Learning;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Education > Research and Statistical Methods
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathur Rohman Anshori
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:25
Last Modified: 16 Oct 2023 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80143

Actions (login required)

View Item View Item