Farhanah, Attin (2023) Peran konselor Islam dalam meningkatkan motivasi belajar perserta didik SMAN 1 Pontang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan pelajar, mengacu kepada keberhasilan siswa dalam sekolahnya, tidak hanya ditunjang oleh kecerdasan yang tinggi saja, namun oleh banyak hal, di antaranya memiliki motivasi belajar. Namun, keberhasilan belajar ini tentu tidak mudah dimiliki oleh seorang siswa jika dalam pelaksanaan pemenuhan tuntutan belajarnya tidak memiliki motivasi dalam belajar, tidak dapat mengontrol diri dengan baik hingga mengganggu aktivitas dalam memenuhi kewajiban sebagai pelajar. Dalam hal ini, peran konselor Islamsebagai motivator dalam membimbing siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta memberikan bantuan bagi siswa yang memeiliki masalah akademik, pribadi maupun keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi yang harus di miliki konselor di SMAN 1 Pontang dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Pontang. Tugas pokok dan fungsi yang harus dimiliki konselor Islam I SMAN 1 Pontang, upaya-upaya konselor Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pontang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara kepada konselor Islam yang ada di SMAN 1 Pontang dan juga melakukan observasi langsung ke sekolah. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai daya penggerak pesikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, membeikan arahan pada kegiatan belajar demi mencapai tujuan. Dengan demikian adanya konselor Islammempunyai tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkannya motivasi belajar pada siswa disekolah dengan memberikan pelayanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran konselor Islam sangat berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan mengetahui tujuan pokok dan fungsi konselor Islamdapat mempengaruhi jalannya pelayanan bimbingan konseling juga untuk mengetahui jalnnya konselor Islam sesuai dengan standarnya. Konselor Islamjuga harus memiliki strategi dengan memberikan layanan bimbingan seperti bimbingan individu, bimbingan kelompok, bimbingan klasikal dan bimbingan karir sehingga bisa berdampak terhadap motivasinya dalam belajar, kemudian dengan strategi ini bisa membantu atau meminimalisirpermasalahan yang ada pada siswa maupun lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konselor; Bimbingan Konseling; Motivasi Belajar |
Subjects: | The Self Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Attin Farhanah |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 01:06 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 01:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80152 |
Actions (login required)
View Item |