Pengaruh media Platfrom TikTok terhadap prestasi kognitif siswa pelajaran PAI: Penelitian Quasy Experiment terhadap siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung

Munir Siregar, Ari Misbahul (2023) Pengaruh media Platfrom TikTok terhadap prestasi kognitif siswa pelajaran PAI: Penelitian Quasy Experiment terhadap siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pada studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Mekar Arum, bahwa dengan penerapan metode pembelajaran ceramah plus demonstrasi, dan belum mencoba menerapkan pembelajaran melalui media agar lebih interaktif dan inovatif, salah satunya media platform TikTok. Dilihat dari prestasi kognitif peserta didik yang rata-rata nilainya yaitu 75 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih relatif rendah ini menunjukkan bahwa daya serap yang dimiliki peserta didik masih rendah sehingga menyebabkan prestasi kognitif yang kurang optimal. Dengan ini peneliti ingin menggunakan media platform TikTok yang diasumsikan dapat meningkatkan prestasi kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui prestasi kognitif siswa sebelum menggunakan media platform TikTok pelajaran Pai pada siswa kelas XI SMA Mekar Arum. (2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media platform TikTok terhadap prestasi kognitif siswa pelajaran Pai kelas XI SMA Mekar Arum. (3) mengetahui peningkatan prestasi kognitif siswa setelah menggunakan media platform TikTok pada siswa pelajaran Pai kelas XI SMA Mekar Arum. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa. Media platform TikTok di asumsikan dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa karena memiliki kelebihan menyajikan video pendek yang menarik, banyak filter yang bermanfaat, berbagai background music. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment desain nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol di SMA Mekar Arum. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi kognitif sebelum menggunakan media platform TikTok pelajaran Pai kelas XI MIPA 1 (eksperimen) di SMA Mekar Arum memperoleh nilai rata-rata 70,50 dapat di kategorikan Baik dan kelas XI MIPA 2 (kontrol) di SMA Mekar Arum memperoleh nilai rata-rata 60,00 dapat di kategorikan Cukup. (2) Proses penerapan media platform TikTok terhadap prestasi kognitif siswa pelajaran Pai kelas XI MIPA 1 (eksperimen) di SMA Mekar Arum dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini berdasarkan perolehan skor observasi pembelajarannya dengan skor rata-rata yaitu 94,11%. (3) Peningkatan prestasi kognitif siswa kelas XI MIPA 1 (eksperimen) di SMA Mekar Arum setelah diterapkannya media platform TikTok memperoleh nilai indeks N-Gain adalah 0,52 atau 52%. Penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks N-Gain di kelas Eksperimen adalah 52% dan kelas Kontrol adalah 45% artinya di kedua kelas memiliki kategori nilai Sedang. Jadi peningkatan prestasi kognitif menggunakan media platform TikTok dikategorikan Tidak Signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Prestasi Kognitif; Platform TikTok; Siswa Kelas XI; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Office Services > Computer Application for Office Management
Indoor Game and Amusements > Other Indoor Diversions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Munir
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:54
Last Modified: 20 Oct 2023 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80313

Actions (login required)

View Item View Item