Strategi RRI Cirebon dalam mempertahankan khalayak pendengar: Studi deskriptif tentang Program Berita Daerah RRI Cirebon, Jawa Barat

Pratiwi, Ilmareta Dwi (2023) Strategi RRI Cirebon dalam mempertahankan khalayak pendengar: Studi deskriptif tentang Program Berita Daerah RRI Cirebon, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Semakin berkembangnya tekonologi informasi dan komunikasi semakin membuat maraknya persaingan industri media masa sebagai sarana komunikasi massa. Untuk membentuk suatu media massa yang berkualitas dan dapat bertahan serta bersaing dengan media massa lainnya diperlukan strategi yang baik. Maka dari itu penting untuk diketahui strategi yang dijalankan oleh media elektronik radio untuk dapat bersaing di industri pers, salah satu nya strategi yang dijalankan RRI Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi RRI Cirebon dari mulai perumusan, pelaksanaan serta pengawasan dan evaluasi agar mampu bertahan dan dapat perhatian dari khalayak pendengar Penelitian ini didasari oleh Konsep Strategi J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen dalam Manajemen strategi, yang mendasarinya yakni formulasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil ini dilakukan dalam perencanaan yang membuahkan hasil program untuk mempertahankan sebuah program agar tetap bertahan. Metode yang digunakan dengan menggunakan studi kualitatif yang berfokus pada pemaparan peristiwa dan tidak menjelaskan ataupun mencari hipotesis ataupun membuat prediksi dan penelitian ini digunakan pada pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka/dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi RRI Cirebon tidak selamanya berjalan dengan baik sesuai konsep strategi. Perumusan diawali dengan pembuatan rancangan dan rapat redaksi. Rapat redaksi berisi tentang penentuan-penentuan langkah apa yang akan selanjutnya dilakukan. Pelaksanaan strategi RRI Cirebon teratur dan terarah sesuai ilmu jurnalistik, pada tahap ini tidak semua nya berjalan dengan baik sesuai dengan yang dirumuskan, adakalanya hambatan-hambatan dilapangan dalam melaksanakan peliputan. Pengawasan dan evaluasi yang dilakukan RRI Cirebon meliputi hasil pertanggungjawaban setiap program, pandangan kualitas penyiar dan reporter, respon pendengar serta hambatan dalam penyajian program berita daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; RRI; Mempertahankan Khalayak Pendengar
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilmareta Dwi Pratiwi
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:27
Last Modified: 19 Oct 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80382

Actions (login required)

View Item View Item