Konseling Islam melalui teknik koping dalam mengatasi stres menghafal Al-Qur’an pada siswa: Penelitian terhadap siswa kelas XI Madrasah Aliyah Bina Insan Mulia Al-Mawahib Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaaasih Kabupaten Bandung

Muthmainnah, Aida (2023) Konseling Islam melalui teknik koping dalam mengatasi stres menghafal Al-Qur’an pada siswa: Penelitian terhadap siswa kelas XI Madrasah Aliyah Bina Insan Mulia Al-Mawahib Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaaasih Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya fenomena stres menghafal Al-Qur’an yang dialami siswa kelas XI MA Bina Insan Mulia Al-Mawahib Bandung. Salah satu upaya yang dilakukan Guru BK dan pembimbing tahfidz dalam mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan melakukan konseling Islam menggunakan teknik koping. Penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan dan memperkaya hasil penelitian yang telah ada sebelumnya dan untuk menambahkan teknik atau metode alternatif yang dapat diberikan oleh guru BK dalam memberikan layanan kepada siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui kondisi stres menghafal Al-Qur’an pada siswa serta proses konseling Islam melalui teknik koping dalam mengatasi stres menghafal. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil dari konseling Islam melalui teknik koping dalam mengatasi stres menghafal Al-Qur’an pada siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mekanisme koping sres menghafal Al-Qur’an dengan pendekatan fitrah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa kondisi stres menghafal Al-Qur’an pada siswa termasuk dalam kategori stres sedang yang ditandai dengan menurunnya daya ingat dan konsentrasi, lebih mudah merasa lelah dan sakit kepala, pola tidur yang terganggu, dan takut tertinggal oleh teman yang lainnya. Proses konseling Islam melalui teknik koping dalam mengatasi stres menghafal Al-Qur’an pada siswa dilakukan dengan beberapa tahapan yang digunakan guru BK. Hasil dari konseling Islam melalui teknik koping memberikan efek positif bagi para siswa yang mengalami stres menghafal Al-Qur’an yaitu para siswa merasakan adanya ketenangan dalam diri mereka, optimis pada diri sendiri, kualitas tidur yang baik, daya konsentrasi meningkat, dan bisa mengatur waktu dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam; Koping; Stres Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Aida Muthmainnah
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:38
Last Modified: 19 Oct 2023 08:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80420

Actions (login required)

View Item View Item