Hubungan penggunaan metode Muroja'ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur'an siswa

Ramlan, Salma Yanuarti (2023) Hubungan penggunaan metode Muroja'ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur'an siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, kualitas hafalan Al-Qur’an di SD Plus Ar-Rahmat cukup baik karena kegiatan muroja’ah dilaksanakan secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penggunaan metode muroja’ah siswa di SD Plus Ar-Rahmat 2) Kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SD Plus Ar-Rahmat 3) hubungan penggunaan metode muroja’ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SD Plus Ar-Rahmat. Hubungan penggunaan metode muroja’ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an siswa dapat mempengaruhi peningkatan kualitas hafalan Al-Qur’an. Salah satu indikator penggunaan metode muroja’ah yaitu persiapan (isti’dad) termasuk ke dalam faktor internal yang dapat mempengaruhi kualitas hafalan Al-Qur’an siswa. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah hubungan penggunaan metode muroja’ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas VI – C SD Plus Ar-Rahmat Kabupaten Bandung yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan: 1) Penggunaan metode muroja’ah termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,58 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. 2) Kualitas hafalan Al-Qur’an siswa kelas termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 85,91 yang berada pada interval 80 – 100. 3) Hubungan penggunaan metode muroja’ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an termasuk dalam korelasi rendah. Dengan nilai rata-rata 0,30 yang berada pada interval 0,30 – 0,40. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 9% dan sisanya sebesar 91% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis thitung 4,26 > ttabel 2,07. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Artinya terdapat korelasi yang signifikan pada Hubungan penggunaan metode muroja’ah (Variabel X) terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Variabel Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Metode Muroja'ah; Kualitas Hafalan Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salma yanuarti ramlan
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:33
Last Modified: 24 Oct 2023 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80516

Actions (login required)

View Item View Item