Pengaruh perhatian keluarga Broken Home terhadap kepribadian dan prestasi kognif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Habsah, Siti (2019) Pengaruh perhatian keluarga Broken Home terhadap kepribadian dan prestasi kognif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover_water.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak, lmbr pernyataan, lmbr pengesahaan, ttd, motto, kt pengantar 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
FINIS Daftar isi, gambar, table.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I_water.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II_water.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_water.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_water.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_ lampirana, riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang terlihat bermasalah karena anak berasal dari keluarga broken home, pengamatan dan informasi ini didapatkan dari salah satu guru PAI di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Dari data hasil penelitian diperoleh sebanyak 12 orang peserta didik yang mengalami riwayat keluarga broken home. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. Perhatian keluarga pada peserta didik, 2. Perhatian terhadap kepribadian, 3. Perhatian terhadap prestasi kognitif, 4. Pengaruh terhadap kepribadian dan 5. Pengaruh terhadap prestasi kognitif pada peserta didik SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa kepribadian dan prestasi kognitif peserta didik yang orang tuanya mengalalmi broken home dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan yakni pengaruh keluarga broken home meliputi perhatian keluarga pada peserta didik, perhatian pada kepribadian dan prestasi peserta didik, dan pengaruhnya terhadap kepribadian dan pretasi kognitif peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Adapun teknik analisis data yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif yang meliputi: Uji normalitas data dan uji T-Bebas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perhatian orang tua berkategori baik dengan nilai rata-rata 3,49 termasuk kategori baik dengan interval 3,40-4,19. 2) Diketahui kepribadian peserta didik berkategori baik dengan nilai rata-rata 3,74 termasuk kategori cukup yang berada pada interval 3,40-4,19. 3) Diketahui prestasi kognitif peserta didik berkategori baik dengan nilai rata-rata 69,28 yang berada pada interval 60-69. 4) Pengaruh keluarga broken home terhadap kepribadian diketahui (4,94) > (2,07) dengan taraf signifikan 5%, maka dapat diinterpretasikan hipotesis alternatif (Ho: ditolak) artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara keluarga broken home terhadap kepribadian peserta didik. 5) Diketahui (8,04) > (2,07) dengan taraf signifikan 5% maka dapat diinterfretasikan hipotesis alternatif (Ho: ditolak) artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara keluarga broken home terhadap prestasi kognitif peserta didik. Dengan demikian, tidak ada pengaruh perhatian keluarga broken home terhadap kepribadian dan prestasi kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perhatian keluarga broken home; kepribadian; prestasi kognitif; mata pelajaran PAI;
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Habsah
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:03
Last Modified: 25 Oct 2023 02:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80518

Actions (login required)

View Item View Item