Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dalam konteks penggunaan energi surya

Hassaanah, Khilyah (2023) Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dalam konteks penggunaan energi surya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Rendahnya literasi sains peserta didik pada pelajaran fisika dan kurangnya media yang menyenangkan selama pembelajaran berlangsung, maka solusi yang ditawarkan menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif, dan peningkatan literasi sains peserta didik dalam literasi sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate) dengan desain one grup pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan kepada 30 orang peserta didik kelas XII IPA B di MA Al-Qur’an Al-Amanah. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, AABLT with SAS, dan tes literasi sains PISA 2018. Teknik analisis menggunakan lembar validasi, N-gain dan uji t. Hasil penelitian ini didapatkan kelayakan multimedia interaktif sebesar 83% dengan interpretasi layak untuk diuji coba. Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 74,1% dengan interpretasi efektif. Peningkatan literasi sains peserta didik memperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,54 yang termasuk kedalam kategori sedang. Hasil uji t memperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 13,69 >2,00. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan literasi sains peserta didik setelah diberikan multimedia interaktif pada materi energi surya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Energi surya; literasi sains; Multimedia interaktif
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Khilyah Hassaanah
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:14
Last Modified: 23 Oct 2023 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80571

Actions (login required)

View Item View Item