Pengaruh administrasi kesiswaan terhadap kualitas pelayanan tenaga kependidikan : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung

Nuraliah, Nuraliah (2023) Pengaruh administrasi kesiswaan terhadap kualitas pelayanan tenaga kependidikan : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Salah satu cara untuk melahirkan sekolah yang berkualitas adalah dengan memperhatikan kualitas layanan administrsi. Karena tenaga adminitrasi sekolah merupakan tenaga kependidikan yang memberikan dukungan layanan adminitrasi agar terselenggaranya proses pendidikan di sekolah. Fenomena yang terjadi pada tahun 2017, pemerintah Kota Bandung menerapkan sistem zonasi melalui Perwal No 553/2017 yang mengatur bahwa kuota penerimaan siswa baru berdasarkan sistem zonasi berkisar 40-50%. Administrasi Kesiswaan menjadi salah satu unsur utama terciptanya sekolah. Bagian ini mengatur tentang berbagai administrasi yang diperlukan oleh peserta didik dari awal masuk sampai nanti keluar. Administrasi kesiswaan memiliki pengaruh yang terhadap kualitas pelayanan tenaga kependidikan karena jika kualitas pelayanan yang diberikan secara layak dan baik maka administrasi kesiswaan juga akan memiliki kualitas yang baik jika tidak diberikan pelayanan yang baik akan berpengaruh buruk terhadap administrasi pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung, 2) Mendeskripsikan kualitas pelayanan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung dan 3) Menganalisis pengaruh administrasi kesiswaan terhadap kualitas pelayanan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket (kuesioner) dengan pengukuran data skala likert. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, linearitas, uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi). Responden penelitian ini adalah tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung sebanyak 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Administrasi Kesiswaan (X) di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung dikategorikan “Cukup” dengan nilai 3,34 dari hasil pengolahan data perindikator melaui SPSS. Kualitas Pelayanan Tenaga Kependidikan (Y) di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung di Kategorikan “Cukup” dengan nilai 3,44 dari pengolahan data kedua variabel berada dalam rentang 2,50 – 3,50. Adapun administrasi kesiswaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan tenaga kependidikan hal ini dibuktikan oleh nilai taraf signifikan 0,000 dan thitung 9.884. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R square) diperoleh hasil sebesar 0,777, yang berarti bahwa pengaruh administrasi kesiswaan terhadap kualitas pelayanan tenaga kependidikan sebesar 77,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Administrasi Kesiswaan; Kualitas Pelayanan; Tenaga Kependidikan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Aliah
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:25
Last Modified: 23 Oct 2023 05:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80586

Actions (login required)

View Item View Item