Strategi komunikasi ikatan pelajar Nahdlatul Ulama dalam menanamkan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah : Studi kasus PC IPNU Kabupaten Majalengka

Munir, Muhammad Badrul (2023) Strategi komunikasi ikatan pelajar Nahdlatul Ulama dalam menanamkan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah : Studi kasus PC IPNU Kabupaten Majalengka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Majalengka merupakan suatu wadah perjuangan pelajar Nahdlatul Ulama untuk mensosialisaikan komitmen nilai-nilai keislaman, keilmuan, kekaderan, serta kebangsaan dalam upaya pembinaan kemampuan yang dimilikinya demi tegaknya ajaran Islam ala Ahlussunnah Wal-Jama’ah. Pentingnya hal tersebut maka perlu adanya upaya penguatan doktrin Ahlussunnah wal Jama’ah kepada para pelajar dan santri di Kabupaten Majalengka, agar amaliah yang telah ada tetap terjaga dan terlindungi eksistensinya. Adapun salah-satu upaya yang dilakukan dalam menguatkan keyakinan terhadap amaliah Ahlussunnah Wal Jama’ah, pihak sekolah dan pondok pesantren memfasilitasi para siswa dan santri dengan wadah kegiatan organisasi pelajar Nahdlatul Ulama sebagai penanaman doktrin sekaligus aktualisasi pemikiran Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Tujuan dalan penelitian ini untuk mengetahui perumusan strategi, implementasi dan evaluasi strategi yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Majalengka dalam dalam menanamkan Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah kepada para pelajar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi dari Fred R. David tentang manajemen strategi yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang datanya diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi untuk melengkapi informasi data penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Majalengka dalam menanamkan paham Ahlusunnah Wal Jama’ah sudah sangat baik, secara tidak langsung hal ini mencerminkan kesesuaian teori yang digunakan. Selanjutnya yaitu dalam mengimplementasikan strategi,tentunya agar terlaksananya hal tersebut IPNU memiliki komitmen yang baik antar pengurus IPNU agar dalam bersosialisasi mengenai program-program yang ada di IPNU dalam menanamkan paham Aswaja. Dalam hal ini memang memiliki keterbatasan, seperti waktu dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih terbatas untuk melakukan kegiatan Sosialiasi progam, sehingga secara tidak langsung hal ini berpengaruh pada proses penanaman paham aswaja. Adapun faktor pendukungnya yaitu dengan adanya media informasi yang dimiliki sehingga info mengenai program-program IPNU dapat tersampaikan. Kata Kunci: Komunikasi, Pelajar, Strategi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aswaja; IPNU, Pelajar
Subjects: Data Processing, Computer Science > Interfacing and Communications
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Badrul Munir Muhammad
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:07
Last Modified: 24 Oct 2023 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80725

Actions (login required)

View Item View Item