Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-qur’an untuk meningkatkan pengamalan keagamaan siswa : Penelitian di kelas 5 MIN 1 Kota Bandung

Abdul, Aris Nursya'ban (2023) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-qur’an untuk meningkatkan pengamalan keagamaan siswa : Penelitian di kelas 5 MIN 1 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pendidikan karakter berbasis nilai-nilai al-Quran untuk meningkatkan pengamalan keagamaan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adanya degradasi karakter peserta didik, pengaruh globalisasi, perkembangan IPTEK. Sehingga mengesampingkan penanaman nilai-nilai al-Qur’an. Padahal al-Qur’an sebagai pedoman dalam semua masalah kehidupan, terutama memperbaiki akhlak. Di MIN 1 Kota Bandung ini al-Qur’an di jadikan sebagai landasan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan program-program sekolah. Dari fenomena tersebut penting diteliti karena berkaitan dengan nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter berbasis al-Qur’an, menggetahui bagaimana kondisi akhlak, program pengembangannya, dan tingkat keberhasilan peningkatan pengamalan keagamaan siswa di MIN 1 Kota Bandung. Skematik kerangka berfikir penelitian ini mengadopsi pendekatan yang sejalan dengan pandangan Mulyasa, yang mengintegrasikan konsep pendidikan karakter, nilai-nilai Al-Qur'an, pengamalan keagamaan siswa, serta pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an di lingkungan sekolah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan dari metode ini adalah memperoleh gambaran dari data yang diteliti. Metode deskriftif analitik merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya tanpa menghiraukan sebelum dan sesudahnya dengan cara mengolah, menganalisis, menafsirkan dan menyimpulkan data hasil penelitian. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa:1) Tujuan utama pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-Qur'an adalah untuk meningkatkan pengamalan keagamaan siswa, dengan fokus pada pembentukan pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah sesuai ajaran Al-Qur'an., 2) Materi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-Qur'an terbagi menjadi tiga aspek: program sekolah meliputi tahfidz, tahsin, dan tadabbur Al-Qur'an; integrasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran, terutama pendidikan agama Islam; serta pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler, 3) Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti tilawatil Qur'an, tahfidz, syahadah tahsin, tadabbur Al-Qur'an, sholat berjamaah, zikir dan do'a bersama, sedekah, dan baksos. 4) Faktor pendukung meliputi kinerja kepala sekolah, pemahaman dan keteladanan guru, sarana prasarana, lingkungan kondusif, dan budaya religius. Faktor penghambat meliputi status bukan sekolah berasrama, keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya perhatian orang tua, dan pengaruh globalisasi. 5) Evaluasi pendidikan karakter berbasis al-Qur’an evaluasi masih terbatas pada kurikulum, kendala yang dihadapi adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi. 6) Keberhasilan pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an di MIN 1 Kota Bandung tercermin dalam peningkatan pemahaman Al-Qur'an, semangat beribadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Nilai-Nilai al-Quran; Pengamalan Keagamaan Siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Aris Nursyaban
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:43
Last Modified: 25 Oct 2023 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80740

Actions (login required)

View Item View Item