Cahyani, Nirma Auliya (2023) Hubungan aktivitas keagamaan nonformal siswa dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi dari guru PAI bahwa kegiatan aktivitas keagamaan nonformal diikuti oleh siswa kelas VIII dengan aktivitas yang cukup tinggi. Namun di sisi lain hasil belajar kognitif mereka di sekolah sebagian masih rendah. Dari hal tersebut terlihat adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas keagamaan nonformal siswa, 2) Realitas prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. 3) Realitas hubungan aktivitas keagamaan nonformal siswa dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor eksternal yang pada penelitian ini faktor eksternalnya adalah aktivitas keagamaan nonformal mereka. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas keagamaan nonformal siswa maka semakin tinggi prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden dari penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan 1) Realitas aktivitas keagamaan nonformal siswa berkategori positif dengan nilai rata-rata 3,81 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Realitas prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI berkategori baik dengan nilai rata-rata 78 yang berada pada interval 70–79. 3) Realitas hubungan aktivitas keagamaan nonformal siswa dengan prestasi belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi pada mata pelajaran PAI berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 0,60. Angka tersebut berada pada interval 0,60–0,79 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh thitung 4,63 > ttabel 2,02. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara Hubungan Aktivitas Keagamaan Nonformal Siswa dengan Prestasi Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas; Keagamaan; Siswa; Prestasi; |
Subjects: | Public Worship and Other Practices Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Auliya Cahyani Nirma |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 01:24 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 01:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80904 |
Actions (login required)
View Item |