Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi kondisi masyarakat Arab sebelum Islam: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis

Aliyah, Hani Rolis (2023) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi kondisi masyarakat Arab sebelum Islam: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti. Salah satu faktornya terdapat pada metode pembelajaran yang hanya menggunakan metode Ceramah saja. Hal ini berpengaruh pada tingkat prestasi belajar siswa, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan satu metode pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI yaitu metode Inkuiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar siswa sebelum menerapkan metode Inkuiri pada mata pelajaran SKI. 2) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode Inkuiri pada mata pelajaran SKI. 3) Peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode Inkuiri pada mata pelajaran SKI di kelas VII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti. Penelitian ini didasarkan asumsi bahwa banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satu faktor tersebut adalah penerapan metode yang tepat yaitu metode Inkuiri. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI melalui penerapan metode Inkuiri di kelas VII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, studi dokumen, dan wawancara. Adapun teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis data hasil observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar siswa sebelum menerapkan metode Inkuiri pada mata Pelajaran SKI yaitu masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 59,55 dan persentase ketuntasan 17%. 2) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode Inkuiri pada mata pelajaran SKI berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama rata-rata aktivitas guru adalah 66,70% dan pada siklus kedua 83,33%, untuk rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama yaitu 45,83% dan pada siklus kedua yaitu 73,61%. 3) Prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode Inkuiri pada mata Pelajaran SKI di kelas VII MTs Al-Ishlah yaitu mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata siswa 69,46 dengan persentase ketuntasan 44% dan pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 81,49 dengan persentase ketuntasan 92%. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran SKI melalui penerapan metode Inkuiri di kelas VII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: prestasi; belajar; metode; inkuiri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hani Rolis Aliyah
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:46
Last Modified: 30 Oct 2023 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80908

Actions (login required)

View Item View Item